Home / Sport / UTD PMI Gelar Kegiatan Donor Darah

UTD PMI Gelar Kegiatan Donor Darah

Bagikan Halaman ini

Share Button

dr.samson

 

 

Moral-politik.com. Unit Transfusi Daerah (UTD) PMI Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu  (14/8) melaksanakan kegiatan donor darah di Kantor Bupati Kupang, Oelamasi. Kegiatan tersebut mendapat perhatian para pegawai dan sebanyak 53 orang pegawai mendonorkan darah merek.

Kepala UTD PMI NTT, dr.Samson Ehe Teron mengatakan, kegiatan serupa sudah dilakukan dua kali dalam tahun 2013 ini dengan jumlah pendonor yang cukup banyak, meski untuk putaran kedua ini  hanya 53 orang.

“Kendala yang kami temui untuk kegiatan kedua ini adalah dianatara calon pendonor tidak  stabil tekanan darahnya dan ada yang mengidap penyakit menular,” paparnya.

Dia menjelaskan, pada prinsipnya UTD selalu mempersiapkan stok darah untuk empat hari ,setelah itu akan dilakukan kegiatan donor darah lagi, untuk mendapatkan stok darah. Namun hal ini tidak berlaku bagi yang menderita penyakit kusus seperti demam berdarah yang membutuhkan trombosit dibawah 6 jam.

Dia mengharapkan,kegiatan transfusi darah untuk Kabupaten Kupang sudah bisa dilakukan di RSU Naibonat,karena sudah ada kerjasama dengan PMI Provinsi NTT. Sedangkan terkait dengan infrastuktur dan tenaga medis yang ada sudah cukup memadai untuk melakukan kegiatan transfusi  darah.

“Dalam sebulanya Palang Merah Indonesia membutuhkan stok sebanyak 900 sampai 1000 kantong  darah, untuk memenuhi kebutuhan permintaan darah oleh masyarakat. Sedangkan per harinya pemakaian darah mencapai 30 sampai 35 kantong.*** (AVI)

Baca Juga :  Warga Mbokak Berharap Pemda Fasilitasi Jaringan Listrik

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button