Home / Pena_VJB / Wabub Lembata: Tetap Waspadai Aktivitas Gunung Ile Werung!

Wabub Lembata: Tetap Waspadai Aktivitas Gunung Ile Werung!

Bagikan Halaman ini

Share Button

5
Moral-politik.com. Masyarakat Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) khususnya di Kecamatan Atadei dan sekitarnya, diminta tetap waspada meskipun aktivitas Gunung Ile Werung di wilayah itu tidak menunjukkan aktivitas yang membahayakan, menyusul dinaikannya status gunung itu dari normal ke waspada.

Wakil Bupati Lembata, Viktor Mado Watun yang dihubungi dari Kupang, Rabu (21/8) mengatakan,  masyarakat setempat melaporkan sempat terlihat asap putih di puncak gunung itu, tetapi masyarakat tidak perlu cemas.

Dia menyebutkan, wilayah yang berdekatan dengan gunung itu antara Desa Dulir, Lamanunang,  Baololong, Motong dan Desa Knotan di Kecamatan Atadei. Sementara di wilayah Kecamatan  Wulandoni ada Dusun Kahatawa dan Dusun Alap Atadei adalah desa pada radius antara 2 km dan 1  km dari puncak kawah Ile Werung atau Desa Kawasan Rawan Bencana I.

“Untuk sementara kita tetap memantau perkembangan gunung tersebut,karena dari catatan gunung  itu pernah meletus pada tahun 1948 lalu, tetapi tidak korban manusia ketika itu,” katanya.

Dia menuturkan, dua tim yang diturunkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) diberi  tugas tambahan melakukan sosialisasi kepada masyarakat setempat tentang bencana alam seperti  letusan gunung berapi, sehingga masyarakat setempat bisa lebih waspada menghadapi fenomena  alam seperti itu.

Gunung itu sendiri, kata dia,  oleh warga setempat menyebutknya dengan sebutan Ile Paugora, ada pula menyebutnya sebagai Lama Heru.

Sebagaimana diberitakan, Gunung Ile Werung di Kecamatan Atadei, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT), statusnya dinaikan dari normal ke waspada, yang membutuhkan perhatian  masyarakat setempat, menyusul adanya peningkatan aktivitas gunung berapi itu.

Informasi tersebut pertama kali disampaikan  PVMBG Badan Geologi, Kementerian ESDM dan Badan  Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).***(AVI)

Baca Juga :  PKL RSU WZ. Johannes Kupang Makin Kesal dengan Direktur Anapaku

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button