Home / Sport / Warga Eks Tim Tim dapat Keringanan Urus Akta Kelahiran

Warga Eks Tim Tim dapat Keringanan Urus Akta Kelahiran

Bagikan Halaman ini

Share Button

13

 

Moral-politik.com. Warga eks Timor Timur yang ada di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) dijamin memperoleh kemududahan dalam mengurus akta kelahiran bagi anaknya, jika ada dokumen yang dibutuhkan tidak sempat dibawa pada masa eksudus tahun 1999 lalu.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil  TTU, Swibertus Sallu mengungkapkan hal tersebut ketika menanggapi pengeluhan warga di Napan, yang mana sebagian merupakan warga eks Timor Timur yang tidak memiliki dokumen pendukung dalam mengurus akta kelahiran anaknya.

Menurut kadis Dukcapil TTU, sesuai dengan regulasi yang ada memungkinkan kebijakan untuk mempermudah para warga eks Tim Tim mendapatkan akta kelahiran.

“Kalau memang ada yang dokumen pendukung lain tertinggal atau terbakar maka itu adalah bencana, sehingga yang dibutuhkan adalah keterangan dari pemerintah dimana dia berdomisili, yang menunjukkan adanya kehilangan dokumen tersebut, sehingga kita tetap melakukan proses bagi orang yang bersangkutan!” tegasnya.

Sementara itu Kabid Capil, Soleman Naklui dalam dialog yang didanai oleh Uni Eropa itu menjelaskan, setiap peristiwa kelahiran dalam status apapun harus dilaporkan dan negara berkewajiban untuk melakukan pencatatan atas peristiwa kelahiran tersebut, dan setelah itu wajib diterbitkan akta bagi yang bersangkutan sebagai bukti pengakuan negara akan status kewarganegaraan yang bersangkutan.

“Jadi jangan sampai kita hanya beranggapan yang dilaporkan dan yang dicatat oleh Dukcapil adalah mereka yang orangtuanya menikah dan punya akta, tapi proses pencatatan kelahiran berlaku untuk semua peristiwa  kelahiran tanpa mengenal status kelahiran,” ungkapnya. (amy)

Baca Juga :  Dekat Dengan Anggota, Dandim Kupang Datangi Anggota

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button