Home / Pena_VJB / Warga Korban Letusan Gunung Rokatenda Mulai Gatal-gatal, Muntaber dan Malaria

Warga Korban Letusan Gunung Rokatenda Mulai Gatal-gatal, Muntaber dan Malaria

Bagikan Halaman ini

Share Button

6

Moral-politik.com. Salah satu warga Palue, Visensius Sangu ketika dihubungi Moral-politik.com mengatakan, pasca letusan Gunung Rokatenda, warga Palue khususnya anak-anak  banyak yang menderita penyakit gatal-gatal, muntaber dan  malaria.

Selain itu, kata dia, seluruh lahan pertanian warga ditutupi abu, praktis tidak bisa panen untuk ketersediaan pangan warga.

“Pagi tadi, warga di desa dekat Gunung Rokatenda sekitar 60-an orang yakni dari Desa Rokirole dan Desa Nitunglea, sudah diungsikan ke Maumera, sementara sebagian lainnya masih mengumgsi ke Desa Ladolaka dan Desa Uwa,” katanya.

Gunung Api Rokatenda di Pulau Palue, Kecamatan Palue, Kabupaten Sikka meletus lagi, pada Sabtu (10/8) sekitar pukul 04.27 wita. Letusan kali ini merupakan letusan paling dasyat dari letusan-letusan yang terjadi sebelumnya.

Akibat letusan ini mengakibatkan enam orang warga desa Rokirole di Pulau itu meninggal dunia. Letusan Rokatenda selain menyeburkan awan panas, juga memuntahkan lahar panas yang  mengalir dari Woje Wubi sampai ke pantai Punge di Desa Rokirole.***(AVI)

Baca Juga :  JK Enggan Berkomentar Soal Wacana "Nyawapres" dengan Jokowi

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button