Home / Populer / Anas Telah Siap Ditahan, KPK Belum Siap Menahan!

Anas Telah Siap Ditahan, KPK Belum Siap Menahan!

Bagikan Halaman ini

Share Button

10

 

 

moral-politik.com. Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tampaknya belum siap menahan mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum.

Anas yang telah tujuh bulan menyandang status tersangka kasus dugaan penerimaan hadiah dan janji dari pelaksana proyek pembangunan pusat pendidikan, pelatihan dan sarana olahraga nasional di Hambalang, namun dia masih menghirup udara segar di luar tahanan.

Juru Bicara KPK Johan Budi dikonfirmasi Minggu (22/9) bersedia membeberkan sedikit alasannya. Menurut Johan, satu di antara faktor yang membuat mantan Ketua Umum Partai Demokrat belum ditahan karena penyidik masih mendalami perkara-perkara yang diduga juga melibatkan Anas.

“(Selain itu) Kasus Hambalang masih dalam proses penyidikan dan masih dikembangkan,” kata Johan Budi kepada TRIBUNnews.com.

Padahal Anas Urbaningrum sendiri mengaku sudah siap ditahan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).  “Siap saya dari awal, KPK silakan kewenanganya dijalankan secara profesional dan adil,” kata Anas kepada TRIBUNnews.com di kediaman pribadinya, Jumat (20/9).

Pada kesempatan sama, Anas menegaskan sama sekali tak memakan duit haram dari proyek Hambalang.  “Prinsipnya apa aja saya siap. Yang saya yakin saya tidak bersalah dari kasus korupsi Hambalang dari dulu sampe sekarang. Saya tidak pernah makan duit haram dari proyek Hambalang,” ujarnya.

Anas menambahkan, keluarga dan anak-anaknya pun siap jika ia dijebloskan KPK  ke rumah tahanan, dan tidak pulang ke keluarga  selama menjalani proses hukum. Anas yang menjadi tersangka karus korupsi pembangunan pusat olahraga Hambalang itu menuturkan, anak-anaknya sudah mengerti jika dirinya akan ditahan.

“Anak-anak tidak khawatir, sudah tau itu risiko petani siap kena lumpur, pekerja bengkel pasti kena oli. Yang penting mereka tahu saya tidak pernah makan lumpur dan kena oli,” kata Anas.

Baca Juga :  Polisi Cecar 20 Pertanyaan kepada wanita "Foto Syur Berseragam PNS"

Anas menuturkan, dia tak pernah menjelaskan kepada anaknya, bahwa dirinya akan ditahan. “Mereka tau sendiri, mengikuti informasi. Anak-anak sekarang cerdas sumber informasi beragam,” katanya.

Lebih lanjut pria kelahiran Blitar, Jawa Timur, 44 tahun lalu itu menegaskan dia sama sekali tak memakan duit haram dari proyek Hambalang. “Saya yakin betul tidak pernah korupsi atau gratifikasi proyek Hambalang dari Adhi Karya. Kita buktikan saja nanti,” katan Anas, mantan anggota Komisi Pemilihan Umum dan mantan Ketua Umum Pengurus Besar HMI.

Seperti diketahui, Hingga hari ini KPK belum juga menahan Andi Mallarangeng dan Anas Urbaningrum. Padahal, kedua mantan petinggi Partai Demokrat itu sudah lama ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus korupsi proyek Hambalang, Bogor. Andi berstatus tersangka sejak 6 Desember 2012, sedangkan Anas dinyatakan KPK sebagai tersangka sejak 22 Februari 2013. Dalam kasus serupa, KPK sudah menahan tersangka

Belum ada perintah penahanan terhadap Andi dan Anas, tak pelak menimbulkan kecurigaan di berbagai kalangan. Ada yang menduga, lembaga ‘superbody’ itu setengah hati menindaklanjuti proses hukum mereka lantaran keduanya berasal dari partai pemenang pemilu yang sedang berkuasa.

“Kami memang belum menahan keduanya. Bukan karena tebang pilih dalam menangangi kasus korupsi, tetapi lebih kepada masalah teknis,” kata Ketua KPK Abraham Samad. (sumber: tribunnews.com)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button