Home / Populer / Bunuh Ibu Kandung, Tapi Hakim Bebaskan dari Hukuman

Bunuh Ibu Kandung, Tapi Hakim Bebaskan dari Hukuman

Bagikan Halaman ini

Share Button

6

 

 

moral-politik.com. Surabaya – Nasib “Malin Kundang” dari Surabaya bernama ini, sungguh beruntung. Pelaku pembunuhan sadis terhadap ibu kandungnya sendiri itu, terbebas dari hukuman.

Warga Bangkingan Timur II Surabaya itu telah dinyatakan menderita gangguan jiwa alias gila.

Dengan alasan kejiwaan pelaku, Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya, Jhudy Ismono memastikan bahwa perkara pembunuhan sadis itu tidak akan dinaikkan ke persidangan.

Menurut Jhudy Ismono, pada BAP (Berita Acara Pemeriksaan) tersangka, disertakan pendapat dokter ahli.

Dan pernyataan dokter dari RS Bhayangkara yang disertakan dalam BAP tersebut menyatakan bahwa tersangka mengidap penyakit kejiwaan Schizophrenia berkelanjutan.

“Selain itu, dalam BAP-nya juga disebutkan bahwa pihak keluarga dan sejumlah tetangga juga menyatakan tersangka ini pernah dirawat di RSJ (Rumah Sakit Jiwa) Menur,” katanya.

Mengacu pada Pasal 44 Ayat 1 KUHP, sambung Judhy, pihaknya berpendapat bahwa tersangka mengalami gangguan jiwa atau gila, sehingga perkaranya tidak dapat dibawa ke persidangan.

Di sisi lain, penyidik Polrestabes Surabaya sempat bersikeras menaikkan perkara ini ke persidangan.

Alasannya, dalam Pasal 44 Ayat 2 KUHP, yang berwenang menyatakan tersangka tidak waras adalah hakim di persidangan.

Pendapat itu berbeda dengan pihak kejaksaan yang menyebut bahwa Ayat 2 Pasal 44 KUHP itu ditujukan pada pelaku atau tersangka yang ketika di-BAP kondisi kesehatannya baik-baik saja, dan baru menunjukkan kegilaan ketika dalam proses persidangan.

“Kalau kondisinya seperti itu, maka hakim yang menentukan putusannya. Tetapi dalam perkara ini, sejak awal pelaku sudah dinyatakan kejiwaannya terganggu,” sambung Judhy. (sumber: tribunnews.com)

Baca Juga :  Rekaman Full Beredar!! Terungkap Jokowi Diancam Bila Halangi Perpanjangan Freeport

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button