Home / Populer / Burhan Bungin: Negara Gagal Atasi Kekerasan!

Burhan Bungin: Negara Gagal Atasi Kekerasan!

Bagikan Halaman ini

Share Button

cvv(2)

moral-politik.com. Jakarta-Kekerasan di tengah masyarakat saat ini kian merebak bak virus yang sulit dibasmi. Fenomena ini sungguh mengkuatirkan dan negara perlu mengambil sikap yang tegas dan tidak bertele-tele demi membendung virus kekerasan ini.

Kekerasan demi kekerasan terus terjadi di tengah masyarakat saat ini. Kekerasan yang beragam motif dan motivasi ini, semakin meresahkan masyarakat yang ingin hidup damai satu sama lain. Fenomena ini patut diperbincangkan sebagai upaya menemukan solusi ampuh dalam membendung dan memberantas kasus-kasus kekerasan ini.

Pakar Sosiologi Komunikasi Indonesia dan Guru Besar Untag, Prof. Dr. Burhan Bungin mengatakan kepada moral-politik.com, Sabtu (21/9/2013) petang, saat ini masyarakat Indonesia mengalami anomi. Anomi merupakan suatu kondisi jiwa yang dialami seseorang/kelompok orang dimana kondisi jiwa yang bingung atau bimbang tentang kondisi real (realitas sosial) yang ada. Keadaan jiwa tersebut disebabkan tak adanya aturan/norma yang ada yang bisa dipedomani bagi tertib sosial.

“Saya melihat masyarakat Indonesia lagi anomali dan negara gagal”, tandas Burhan saat dimintai pandangannya terkait fenomena kekerasan yang marak terjadi di Indonesia akhir-akhir ini.

Menurut dosen terbang di sejumlah universitas ini, dalam kondisi seperti ini seharusnya negara berperan aktif. Negara memberikan jaminan keamanan sehingga masyarakat bisa hidup damai satu sama lainnya.

“Saat ini teror, kekerasan, terjadi di mana-mana yang menegaskan pemerintah tidak bisa menjamin rasa aman masyarakat,” akhirnya. (MRL)

Baca Juga :  "BUKTI-BUKTI Kesalahan Fatal Ahok Dalam Kisruh UPS" by @ferrykoto

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button