Home / Sport / Dana Gapoktan di Desa Baadale Segera Digulirkan ke Poktan

Dana Gapoktan di Desa Baadale Segera Digulirkan ke Poktan

Bagikan Halaman ini

Share Button

Alex A. Foe

 

moral-politik.com. Pengurus Gabungan kelompok Tani (Gapoktan) di Desa Baadale Kecamatan Lobalain diminta segera menggulirkan dana Bantuan Langsung Masyarakat melalui Program Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan (BLM PUAP) tahap dua ke Kelompok Tani (Poktan).

Hal ini disampaikan Kepala Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Rote Ndao melalui Ketua Tim Teknis PUAP, Alex A. Foe kepada moral-politik.com di ruang kerjanya, Jumat (13/9/2013).

Aleks mengatakan hal itu menyikapi keluhan anggota  Poktan di Desa Baadale yang mengeluhkan belum digulirkannya dana tersebut. Aleks mengakui, pihaknya baru mendapatkan informasi soal belum digulirkannya dana itu.

“Sesuai petunjuk teknis pengelolahan Dana Gapoktan, apabila anggota Poktan sudah melunasi dana tahap pertama maka dana tersebut sudah bisa langsung digulirkan oleh Ketua Gapoktan kepada anggota penunggu yang tercatat sebagai anggota kelompok tani,” terangnya.

Sebab menurutnya, dana Gapoktan diperuntukan guna membantu masyarakat dalam mengembangkan usaha agribisnis perdesaan sehingga pengelolaannya harus bersentuhan langsung dengan petani dan bukan diendapkan pada rekening Gapoktan.

“Kami akan segera menindaklanjuti persoalan ini. Sementara berkaitan dengan besaran bunga pinjaman itu ketentuan atas kesepakatan bersama dalam kelompok tani tapi secara mutlak tidak ditentukan harus dua persen seperti yang diajukan Ketua Gapoktan desa baadale kepada tiap-tiap kelompok tani yang ada desa baadale,” tandas Aleks.

Ditambahkannya, besaran dana BLM PUAP yang sudah dikuncurkan sejak tahun 2008 untuk masyarakat di 89 desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Rote Ndao hingga saat ini berjumlah Rp8,9 miliar.

“Untuk tahun 2013 ada penambahan dua desa baru yakni desa Mbiu Lombo di Kecamatan Rote Barat dan Desa Puku Afu di Kecematan Landu Leko,”terangnya.(lima)

Baca Juga :  Pematangsiantar: BS Curi Coklat Demi 6 Adik Kelaparan

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button