Home / Pena_VJB / Gabriel Suku Kotan: Deteksi Dini Potensi Rawan Pangan!

Gabriel Suku Kotan: Deteksi Dini Potensi Rawan Pangan!

Bagikan Halaman ini

Share Button

kotan

 

 

moral-politik.com. Wakil Ketua Komisi B DPRD NTT, Gabriel Suku Kotan  meminta pemerintah  daerah setempat untuk melakukan deteksi dini terhadap potensi rawan pangan, agar dapat  diantisipasi berbagai kondisi yang akan terjadi pada masing-masing daerah.

Kepada moral-politik.com di Kupang, Selasa (3/9/2013), Suku Kotan mengatakan, jika pemerintah punya peta  atau data tentang daerah potensi rawan pangan dan daerah potensi pangan, maka dipastikan  pemerintah lebih mudah dalam melakukan intervensi program dan kegiatan sesuai kebutuhan  daerah.

“Dengan demikian, ketika terjadi rawan pangan, pemerintah tidak panik untuk melakukan  intervensi karena sudah diprediksikan sebelumnya berdasarkan peta atau data yang dimiliki,”  katanya.

Anggota Fraksi Partai Demokrat ini mengatakan, peningkatan koordinasi lintas sektor  menyangkut tenaga penyuluh yang berada di Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan perlu  dilakukan. Sehingga tenaga penyuluh yang ada tidak menjadi ego sektoral tapi harus menjadi  tenaga penyuluh yang lintas sektoral.

Dia juga menyoroti soal kemacetan pengembalian dana Lembaga Usaha Ekonomi Produktif (LUEP)  yang dari tahun ke tahun belum tuntas. Dana yang macet itu cukup besar, sekitar ratusan  miliar.

“Karena itu, Badan Ketanan Pangan dan Penyuluhan didorong untuk segera menyelesaikan  kemacetan pengembalian dana LUEP dimaksud. Paling tidak harus ditemukan solusi  penyelesaiannya,” paparnya.***(AVJ)

Baca Juga :  Sekretariat Sail Komodo 2013 Bekerja Tanpa Biaya Operasional

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button