Home / Sport / Gabriel Suku Kotan: Pemerintah Harus Optimalkan Sentra Pembibitan Ternak

Gabriel Suku Kotan: Pemerintah Harus Optimalkan Sentra Pembibitan Ternak

Bagikan Halaman ini

Share Button

kotan

 

 

moral-politik.com. Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) harus mengoptimalkan  sentra pembibitan ternak dalam menyediakan bibit ternak melalui ketersediaan sumber daya  manusia (SDM) yang ada di sentra-sentra pembibitan, serta perbaikan dan melengkapi fasilitas  pendukungnya.

Wakil Ketua Komisi B DPRD NTT, Gabriel Suku Kotan kepada moral-politik.com di Kupang, Selasa (3/9))  mengatakan, sejalan dengan tekad pemerintah mengembalikan NTT sebagai gudang ternak,  pemerintah perlu meningkatkan pengawasan terkait pemotongan sapi betina produktif yang masih  cukup tinggi. Untuk itu perlu dilakukan pengendalian secara bertahap dan efektif.

“Dibutuhkan optimalisasi untuk produktivitas ternak melalui manajemen budi daya termasuk  penyediaan pejantan pemacet,” kata Gabriel.

Dia menuturkan, dewan terus mendorong Dinas Peternakan agar capaian kegiatan pengendalian penyakit menular dengan pemenuhan kebutuhan vaksin terus ditingkatkan. Diharapkan peningkatan ketersediaan vaksin harus diikuti dengan penurunan angka penyakit ternak.

“Partisipasi masyarakat, organisasi keagamaan dan semua pihak lainnya menjadi salah satu  alternatif untuk membantu pemerintah dalam membantu pengendalian penyakit menular ternak,” ujarnya.

Menurutnya, salah satu kebutuhan untuk meminimalisasi penyakit menular adalah ketersediaan tenaga medis. Namun harus diakui, ketersediaan tenaga medis masih sangat kurang. Untuk itu perlu adanya tenaga pembantu dari petani yang dilatih keterampilan pengenalan gejala penyakit  dan pelayanan kesehatan hewan.

Dia menuturkan, dalam rangka peningkatan pelayanan terhadap pemeliharaan ternak, maka  kebutuhan sarana dan prasarana laboratorium rumah sakit hewan perlu mendapat perhatian.

“Dinas Peternakan diminta terus meningkatkan kebutuhan fasilitas rumah sakit dimaksud,  sehingga pada saatnya bisa menjadi rumah sakit rujukan bagi pemeriksaan hewan atau ternak di  NTT, bahkan dari luar wilayah NTT,” tambahnya.***

Baca Juga :  Legenda Pere Konde Sebagai Pintu Masuk Arwah ke Kelimutu

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button