Home / Populer / Gaya JK Pacu Semangat Kewirausahaan Mahasiswa IAIN Cirebon

Gaya JK Pacu Semangat Kewirausahaan Mahasiswa IAIN Cirebon

Bagikan Halaman ini

Share Button

1

 

 

moral-politik.com. Wakil Presiden RI (2004-2009) Jusuf Kalla adalah sosok yang cukup konsentrasi pada kemajuan daerah di Indonesia. Menurutnya daerah yang memiliki kemajuan ekonomi akan mengurangi banyak permasalahan seperti tingginya urbanisasi dan menurunkan tindak kriminal. Oleh karena itu JK selalu menyempatkan diri untuk memberikan semangat kepada masyarakat dan kepala daerah guna meningkatkan ekonomi warganya. Seperti pada hari ini Kamis (19/9), JK berkunjung ke Cirebon Jawa Barat.

Dalam ceramahnya di depan , JK mendorong mahasiswa agar menjadikan wairausaha sebagai profesi. Wirausaha adalah penopang ekonomi nasional, jika perekonomian rakyat kuat maka tidak akan mudah terpengaruh oleh situasi ekonomi dari luar negeri. Selain itu wirausaha memiliki peluang lebih banyak, lulusan apapun bisa menjadi seorang wirausahawan.

“Harusnya minat jadi wirausaha menjadi pilihan profesi, dan bukan sementara,” kata JK saat berbicara pada seminar nasional di Bank Indonesia Cirebon.

JK menyayangkan mahasiswa yang lulus kemudian menjadikan kegiatan wirausaha hanya sebagai selingan sementara hingga mendapatkan pekerjaan. Padahal menurutnya, menjadi pengusaha butuh proses, sehingga pada saatnya mereka bisa menjadi pengusaha handal karena terlatih oleh keadaan.

Terkait masalah permodalan, JK mengungkapkan inti dari wirausaha adalah kemauan, karena ada banyak jalan dan cara untuk mendapatkan permodalan.

“Perlu latihan serius berwirausaha dan harus jadi pilihan setelah lulus,” ujarnya.

Ketua umum PMI pusat itu mengaku sangat mengapresiasi lulusan perguruan tinggi yang memutuskan untuk menjadi seorang wirausahawan. Berlatih wirausaha harus dimulai sejak mahasiswa agar memiliki persiapan menghadapi bisnis yang lebih besar di luar lingkungan kampus.

Bicara ekonomi Cirebon, JK mengatakan bahwa daerah-daerah harus maju, begitu juga Cirebon harus maju. Cirebon yang multikultural membuka banyak peluang usaha. Dengan adanya keberagaman JK menekankan bahwa kemakmuran harus diiringi oleh keadilan, semua harus maju supaya terwujud keadilan. Warga Cirebon sudah mulai bangkit, banyak dari mereka menjadi pengusaha meubel dan olahan rotan yang sukses.

Baca Juga :  BNN gagalkan penyelundupan Sabu-Sabu dari Malaysia di Kepulauan Riau

“Semua daerah harus maju, Cirebon harus maju,” pungkasnya. (HA)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button