Home / Pena_VJB / 6 Destinasi Dunia Teramai Tahun 2012 (3)

6 Destinasi Dunia Teramai Tahun 2012 (3)

Bagikan Halaman ini

Share Button

 

penulis: vincentcius jeskial boekan

 

 

moral-politik.com, Kota Kupang – Pada tahun 2012, sejumlah catatan menunjukkan tentang destinasi paling diminati masyarakat dunia. Saya terkejut—sebab—ternyata tidak harga mati–kecenderungan  animonya selalu bergerak, dan itu adalah sebuah seni dalam bisnis pariwisata global, bukan “papalele” di sebuah pasar yang tak kunjung datang angin sekalipun.

Simak saja data penelusuran dari sejumlah website berikut ini:

1. Tallinn, Estonia

Tidak ada yang terlalu istimewa di kota tua dan kecil yang mudah dijangkau hanya dengan berjalan kaki saja ini. Hal paling seksi yang bikin dunia ingin mencumbuinya karena memiliki menara abad pertengahan bernama St Olav yang tertinggi di dunia. Untuk dapat ke menaranya, Anda mesti melalui Town Hall Square yang dibangun sangat menyenangkan.

Di kota yang dijuluki sebagai memiliki sejarah panjang ini, Anda juga bisa menikmati salah satu tempat terbaik Rocca al Mare Open Air Museum karena suguhan kincir angin, dan katedral awal abad ke-20.

Semua sarana pendukung selama masyarakat dunia melancong disiapkannya dengan service profesional. Pendek kata, semua yang Anda inginkan bisa diperoleh dengan entengnya.

2. Bordeaux, Prancis

Sekilas mata, mungkin bagi orang yang kurang berselera wisata dan seni tidak bisa menemukan hal istimewa. Tapi jika tahu persis alkisah hidup kota ini, Anda semakin yakin bahwa Inggris adalah satu-satunya kolonialisme bermartabat dan berhati nurani mulia. Sebab—hampir 300 tahun di bawah kendalinya telah membuat kota ini sangat lain dari lain, termasuk di Inggris itu sendiri.

Kota yang juga jadi impian siswa-siswa di belahan dunia untuk mengejar ilmu setinggi mungkin ini, dengan bangganya menamai sebagai rumah. Yahhh, kental sekali di telinga: “rumahku istanaku”.

Baca Juga :  Bencana Benanain : 205 Korban Jiwa, 10 Jenazah Diletakkan di atas Genteng

Selain itu juga, kota ini dirindui karena lezatnya wine bercita rasa tak lazim.

3. Fethiye, Turki

Anda pasti tahu bahwa  Fethiye adalah sebuah kota di tepi pantai, terletak di Laut Mediterania. Karena posisinya itu maka dia merupakan rumah bagi pelabuhan tersibuk.

Apa saja tawarannya sehingga masyarakat dunia kepincut abis? Setidaknya ada 5 hal, yaitu:  banyaknya restoran, toko, beberapa reruntuhan bangunan bersejarah, legenda masyarakat soal kota hantu (Kayaky), dan paraglide atau berjemur di Pantai Lüdeniz yang sangat-sangat sexi itu.

4. Moskow, Rusia

Izinkan saya “turut” menamai kota ini sebagai Kota Harmoni—sebab, bagaimana mungkin dua kehidupan dengan budaya berbeda tapi bisa disatukan sehingga jadilah harmoni masa silam dan masa kini.

Di kota ini juga, bangunan-bangunan kuno bersejarah dan budaya tergeletak apik dalam hamparan kota yang mengundang decak kagum. Selain itu, kota ini memiliki hampir semua yang dibayangkan sebagai pusat dunia paling kosmopolitan.

Seiring dengan bangunan kuno bersejarah, Anda akan menemukan dunia ultramodern di mana kedua konsep bisa tumbuh bersama dalam harmoni.

Anda juga siap disuguhkan beberapa atraksi paling menarik, termasuk Kremlin, Red Square, St. Basil’s Cathedral, KGB Museum, Lenin’s Mausoleum, Boulevard Ring, dan Pushkin Square.

5. Riga, Latvia

Ibukota Latvia bernama Riga ini memiliki banyak tradisi lokal yang membawa pengaruh dari berbagai bangsa menjajah.

Setelah menikmati kemerdekaan pada tahun 1991 dan Art Nouveau pusat telah ditunjuk sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, sontak menghipnotis perhatian dunia.

Di kota ini tersedia banyak sekali restoran, kafe, dan bar yang terjangkau kocek; berbeda jikalau dibandingkan negara bagian lain di Eropa.

Kota-kota baru dapat dicapai hanya dengan transportasi modern, tetapi akan lebih menyenangkan bila menjelajahinya dengan berjalan kaki.

Baca Juga :  Rp 700 Juta untuk Bagi-bagi Buku Sail Komodo kepada Masyarakat

6. Essaouira, Maroko, Afrika

Kota ini terletak di sebelah Samudra Atlantik, pantai barat Maroko. Kota di sebelah Samudra Atlantik ini memiliki pantai panjang dan indah. Ada dua tawaran bagi wisatawan dunia yaitu tersedianya sejumlah outlet spa air laut, dan pemandangan matahari terbenam yang begitu spektakuler.

Bukan hanya itu saja. Ada kepulauan bernama Purple yang berpemandangan memukau, dan  budaya lokalnya bikin Anda berasa sedang berada di planet dunia lain. Itu makanya Anda selalu ditawarkan tinggal beberapa hari di rumah tradisional yang telah berubah menjadi penginapan, populer dengan nama Riads.

Dari hasil intipan di atas, apa saja simpulan umum yang bikin 6 kota itu paling diminati? Jelas sangat transparan bahwa masyarakat dunia ingin mengetahui dan menikmati tentang sejarah masa silam, budaya, alam termasuk keindahan pantai, kenyamanan berjalan kaki, kuliner, dan pelayanan berbudaya khas.

Setelah tahu potret nyata di atas, apakah pada tahun 2013 ini kecendrungan masyarakat dunia masih berpihak kepada mereka, atau kah telah bergeser? Simak saja penelusuran saya di sejumlah website, yang kemudian akan mengurainya apa adanya, bukan ada apa-apanya.

 

bersambung

 

 

 

 

 

 

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button