Home / Sport / Jaksa Kejari Kefamenanu Tolak Pengembalian Aksesoris Kapal oleh Terdakwa

Jaksa Kejari Kefamenanu Tolak Pengembalian Aksesoris Kapal oleh Terdakwa

Bagikan Halaman ini

Share Button

20

foto: ilustrasi

 

 

moral-politik.com. Kejaksaan Negeri (Kejari) Kefamenanu, Kaupaten Timor Tengah Utara (TTU) akhirnya menolak pengembalian aksesoris kapal cepat oleh Markus Tupen, terdakwa kasus dugaan korupsi pengadaan kapal cepat di Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten TTU, pada Jumat (6/9/2013). Pengembalian itu dilakukan oleh pengacara terdakwa.

Kasi Pidsus Kejari Kefamenanu, Frangky Radja kepada moral-politik.com (8/9/2013) mengatakan, Kejari Kefamenanu Kabupaten TTU menolak aksi terdakwa Markus Tanesib selaku kontraktor dalam kasus itu dengan mengembalikan asesoris kapal.

“Dalam persidangan, terdakwa berniat baik menyerahkan kembali aksesori kapal speed boat  yang belum sempat diserahkan waktu itu, terdakwa yang mengembalikan aksesori ini adalah kontraktor yang menggarap pengadaan tersebut,” katanya.

Dia mengatakan, meski demikian,  niat baik tidak berarti akan menghapuskan pidana yang didakwakan pada para terdakwa. Itu hanya bersifat sebagai bahan pertimbangan jaksa saja dalam menjatuhkan tuntutan atas terdakwa.

Untuk sekadar diketahui, kasus korupsi kapal cepat ini menyeret delapan orang menjadi terdakwa. Para terdakwa adalah Maksimus Tanesib selaku Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan saat itu, Markus Tupen selaku penerima kuasa Direktris CV Inne mandiri, Dilvianus Octory Boy selaku konsultan, serta lima orang panitia pengadaan.

Kasus ini mencuat setelah pemeriksaan fisik kapal mendapatkan pekerjaan yang dirampungkan hanya 82,94 persen. Namun, dengan pekerjaan yang tak tuntas itu, sudah dicairkan dana alokasi pengadaan sebanyak 100 persen, yang sudah diserahterimakan pula.

Rincian asesori yang diserahkan antara lain adalah 2 set pakaian selam, 2 alat pemadam kebakaran, 4 aki kering 28 AMP, 10 lampu senter penyelam, 4 boks berbahan fiber, dan 8 unit PLTS 50 WP. (richo)

Baca Juga :  Mesir: 2 Orang Tewas Dalam Bentrokan Muslim-Kristen

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button