Home / Pena_VJB / Jusuf Kalla Bantah bantuan Donor Darah Terkontaminasi HIV

Jusuf Kalla Bantah bantuan Donor Darah Terkontaminasi HIV

Bagikan Halaman ini

Share Button

jusuf kalla

 

moral-politik.com. Ketua Palang Merah Indonesia (PMI), Muhammad Jusuf Kalla (JK), membantah  adanya pengiriman bantuan donor darah tahun 2010 dari berbagai daerah ke Jakarta yang diduga  telah terkontaminasi HIV setelah dilakukan pemeriksaan laboratorium.

Bantahan tersebut disampaikan Jusuf Kalla kepada moral-politik.com di Kupang, Rabu (5/9/2013) usai  memberikan materi pada Konas (Kongres Nasional) Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia  (IAKMI) ke-12, terkait dugaaan sekitar 3 persen bantuan tersebut sudah terkontaminasi virus  yang mematikan tersebut.

“Ndak ada. Ndak…jumlahnya tidak sebesar itu. Justru itulah setelah orang mendonor, hasilnya  diperiksa di laboratorium untuk mengetahui apakah ada HIV, Spilis atau Hepatitis sehingga  donor darah yang diberikan itu benar-benar bersih,” katanya.

Dia mengakui, setelah dites di laboratorium, ada hasil donor darah itu yang terkontaminasi  beberapa penyakit, tetapi tidak sebanyak itu.

“Hanya sekitar nol koma sepersekian persen. Tidak sampai tiga persen,” tukasnya.

JK juga membantah tudingan banyak pihak yang mengatakan, alat tes darah yang dimiliki PMI  atau unit transfusi darah di daerah sudah tidak akurat lagi.

“Siapa bilang alat itu sudah rusak? Ndak ada itu. Semuanya masih layak pakai dan masih baik. Saya lebih tahu dari Anda!” ujarnya.

Dalam kunjungannya ke Kupang kali ini, JK juga bertemu dengan masyarakat Desa Tesabela,  Kecamatan Kupang Barat untuk melihat perkembangan tanaman sukun, yang pernah dibantunya  ketika masih menjadi wakil presiden lima tahun silam.

Selain ke Desa Tesabela, JK juga mengunjungi Masjid Raya Nuru Sa’da di Kelurahan Fontein dan  Unit Pelaksana Teknis (UPT) Transfusi Darah Provinsi NTT, sebelum kembali kembali ke Jakarta dengan pesawat pribadi.***(AVI)

Baca Juga :  Lengkapi Buka Puasa dengan Buah

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button