Home / Sport / Pemkab Kupang Gulirkan Program Kawasan Pangan Rumah Lestari

Pemkab Kupang Gulirkan Program Kawasan Pangan Rumah Lestari

Bagikan Halaman ini

Share Button

7

 

Moral-politik.com. Pemerintah Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), melalui Badan Ketahanan Pangan, mulai tahun 2013 ini menggulirkan progran Kawasan Pangan Rumah Lestari.

“Program ini bertujuan untuk mendukung percepatan pembangunan ekonomi dan kesehatan masyarakat,” kata Kepala Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Kupang, Arnold Saubaki di Oelamasi, Senin lalu.

Menurutnya, program tersebut saat ini sedang dijalankan di dua kecamatan yakni Amabi Oefeto dan Semau, masing-masing kecamatan satu desa dengan dana yang dikucurkan Rp 47 juta.

Dia menjelaskan, dengan dana tersebut masyarakat dapat mengelolanya untuk menjalankan usaha mereka di bidang pertanian dan peternakan, seperti menanam sayur-sayuran di pekarangan rumah dan juga pengembangan ternak ikan lele.

“Dana yang dikucurkan itu diharapkan masyarakat mampu memanfaatkannya dengan baik demi meningkatkan pendapatan mereka yang pada gilirannya mempercepat pengentasan kemiskinan di Kabupaten Kupang,” ujarnya.

Selain program di atas, kata Saubaki, Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Kupang juga menggulirkan program Kawasan Mandiri Pangan yang untuk tahun pertama dilaksananakan di Kecamatan Amfoang Utara dan Amfoang Timur untuk tiga desa di setiap kecamatan dengan dana yang disiapkan sebesar Rp 400 juta.

Menurut dia, melalui program ini ada dua jenis kegiatan yakni bantuan alat pertanian dan bantuan modal usaha bagi masyarakat. Pasalnya, selama ini pemerintah menyadari keterbatasan alat pertanian dan modal membuat petani di desa-desa sulit berkembang.

“Kami berharap, kedua program ini selain membawa manfaat bagi masyarakat, juga bisa berhasil berkat ketekunan masyarakat yang ingin mengembangkan ekonomi keluarga dan meningkatkan pendapatan mereka,” paparnya.*** (HMS/AVI)

Baca Juga :  Bukan tolak dana Jeriko tapi jangan double

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button