Home / Pena_VJB / Kapolres Kupang Amankan Pilkada Kupang 5 September 2013

Kapolres Kupang Amankan Pilkada Kupang 5 September 2013

Bagikan Halaman ini

Share Button

23

 

 

moral-politik.com. Ratusan aparat keamanan dari Kepolisian Resort Kabupaten Kupang disiagakan pada pemilihan Bupati Kupang yang rencananya akan digelar pada tanggal 05 September 2013 mendatang.

“Dua pertiga personil itu akan lagi ditambah bantuan operasi dari aparat TNI baik dari Kodim, Brigadir Infantri, Brimob Polda NTT serta 100 orang anggota Dalmas Polda setempat,” kata Kepala Kepolisian Resor Kupang, AKBP Dominicus S Yempormase di Kupang, Selasa (03/8/2013) saat dihubungi moral-politik.com melalui telepon Selular.

Dia mengaku, terhadap persiapan pengamanan tersebut, Polres Kupang sudah melakukan gelar pasukan pada Jumat (16/8/2013) lalu di bawah sandi operasi ‘Mantap Praja Turangga Timau-2013’.

Dijelaskannya,  oparesi Mantap Praja Turangga Timau-2013 yang dilakukan jajaran kepolisian dan TNI akan mengedepankan fungsi preemtif, preventif dan represif dengan didukung seluruh sumber daya yang ada, untuk mewujudkan dan menjamin rasa aman bagi seluruh masyarakat di dalam mengikuti proses pilkada bupati dan wakil bupati Kupang secara jujur, adil, langsung, umum, bebas, rahasia, aman tertib dan lancar.

Dominicus mengatakan, dengan kondisi itu, dari aspek keamanan dapat dipastikan aman, karena pelibatan seluruh masyarakat dan seluruh kekuatan keamanan di daerah itu.

Kendati demikian, lanjut dia, antisipasi sejumlah kerawanan tetap diwaspadai untuk segala kemungkinan ancaman yang terjadi.

“Kita tetap mewaspadai kondisi di lapangan jelang, saat serta akhir pemungutan suara hingga penghitungan dan penetapannya,” katanya.

Dia juga meminta kepada seluruh elemen termasuk penyelenggara pemilu daerah untuk bertindak adil dan jujur, sehingga tidak mengganggu jalannya pelaksanaan proses demokrasi di daerah ini.

“Kalau semua pihak melaksanakan tugasnya secara baik dan adil maka yakinlah pelaksanaan hajatan demokrasi itu bisa berjalan damai dan aman,” katanya.

Baca Juga :  Gubernur FLR Tampik Perintah Potong Dana Kesra PNS Pemprov NTT

Dalam ajang politik pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Kupang periode 2013-2018, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kupang menetapkan tujuh pasangan calon, masing-masing pasangan Alex Foenay-Beny Ndoeboey (Abdi), pasangan Ayub Titu Eki-Korinus Masneno (Yuri), pasangan Jerry Manafe-Vinsensius Bureni (Sahabat) dan pasangan Silfester Benefatin-Anton Natun (Selamat).

Pasangan calon lainnya, Stef Manafe-Maher Ora (Manora), Viktor Tiran-Maria Nuban Saku (Viktory) dan pasangan calon Mellitus Ataupah-Sumin Kase (Ataupah Kase).

Sementara Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang akan menggunakan hak politik berjumlah 192.570 pemilih, dan tersebar di 496 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 24 kecamatan dan 177 kelurahan. (Ikzan)

Pencarian Terkait:

  • infantribrimob

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button