Home / Pena_VJB / Kemenkes Segera Ubah Sistim Pengadaan Alkes

Kemenkes Segera Ubah Sistim Pengadaan Alkes

Bagikan Halaman ini

Share Button

IMG-20130904-01267

moral-politik.com. Untuk menghidari mark up pada pengadaan alat kesehatan  dan obat-obatan yang sering menjadi masalah, pada tahun 2014 mendatang, Kementerian Kesehatan  merubah sistim pengadaan  peralatan kesehatan dan obat-obatan dengan menerapkan sistim online  agar obat dan peralatan medis yang dibeli benar-benar bermutu, terjamin, dengan harga yang jauh lebih murah .

“Kalau dengan sistim yang lama ada tawar menawar untuk menaikan harga antara rekanan dan  penyedia untuk bermain harga. Misalnya harganya Rp 2  ribu bisa dinaikkan menjadi  Rp 4 ribu atau 5 ribu,” kata  Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nafsiah Mboy  dalam kunjungannya ke RSUD Kota Kupang, Rabu (04/09/2013).

Ia mengatakan, selain sistim online, pengadaan obat-obatan semuanya diserahkan dalam organisasi profesi untuk menentukan obat-obat apa, dan peralatan-peralatan yang dibutuhkan sehingga setiap pembelian harus terlampir rekomendasi dari organisasi profesi .

Dengan sistim ini, tambahnya, diharapkan pembelanjaan barang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pasien dan rumah sakit, bukan untuk disesuaikan dengan pihak yang mencari keuntungan dari pengadaan peralatan dan obat-obatan. (Kinyo)

Baca Juga :  Utusan 34 Provinsi dalam Relawan Jokowi Sampaikan Aspirasi ke Rakernas PDIP

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button