Home / Sport / Kesadaran Masyarakat Rote Ndao untuk Ber-KB Tertinggi di NTT

Kesadaran Masyarakat Rote Ndao untuk Ber-KB Tertinggi di NTT

Bagikan Halaman ini

Share Button

20

 

 

moral-politik.com. Kesadaran masyarakat di wilayah Kabupaten Rote Ndao untuk mengikuti program Keluarga Berencana tertinggi di provinsi Nusa Tenggara Timur atau melebiho target yang ditetapkan pemerintah provinsi NTT.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Rote Ndao, Dra.Helena Reke saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Kamis (11/9).

“Keberhasilan ini terjadi atas dukungan seluruh masyarakat. Untuk menyadarkan masyarakat supaya mengikuti kegiatan KB kami lakukan melalui berbagai strategi dengan memanfaatkan semua potensi yang ada,” ujarnya.

Dikatakannya, berdasar hasil pendataan yang dilakukan pihaknya dalam pelaksananan pelayanan KB di Kabupaten Rote Ndao,  hingga Agustus tahun 2013 cukup tinggi. Sebab menurutnya, dari target 2.760 warga yang akan mengikuti KB hingga saat ini telah mencapai 2.684 atau mencapai 97,21 persen.

“Pemerintah Rote Ndao selalu lakukan berbagai terobosan untuk menyadarkan masyarakat supaya masyarakat yang ber KB mencapai 75 persen. Kami akui bahwa kesadaran  masyarakat memang masih sangat minim yang disebabkan oleh berbagai faktor seperti budaya, adat,” terangnya.

Dikatakannya, untuk menekan angka kelahiran, pihaknya telah lakukan berbagai terobosan dengan memberikan penjelasan kepada masyarakat supaya menjaga jarak kehamilan.

“Kami sering lakukan sosialisasi dan penyluhan kepada masyarakat tentang manfaat dan kegunaan dari program KB,” terang Helena.

Ditambahkannya, saat ini pihaknya melaksanakan sejumlah program KB diantaranya Intra Uterus Divise/Spiral (IUD), Medis Operasi Pria (MOP), Medis Operasi wanita (MOW), Implant/susuk (IMP), Suntikan (SUN), Pil dan Kondom, dari jenis program KB untuk masyarakat lebih dominan non Metode Kontrasentif Pengunaan Jangka Panjang (MKPJP) metode kontrasentif berupa pil dan  suntik kalau Metode Kontrasentif Pengunaan Jangka Panjang (MKPJP) implan dan pemasangan susuk IUD. (lima)

Baca Juga :  Rote Ndao: Polres Pulbaket Proyek Kantor Camat Landu Leko

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button