Home / Sport / Kesadaran Urus Kartu Kuning Meningkat

Kesadaran Urus Kartu Kuning Meningkat

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kadis NarkerTrans. Drs. Frederik Haning

 

 

moral-politik.com. Jumlah warga yang urus kartu kuning menjelang pelaksanaan pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2013 terus meningkat bahkan melebihi quota CPNS untuk Kabupaten Rote Ndao tahun ini.

Hal ini dikemukakan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Rote Ndao, Frederik Haning saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Jumat (13/9).

“Pencaker cukup antusias dalam pengurusan kartu kuning sebagai salah satu syarat untuk mengikuti test CPNS,” kata Frederik.

Sesuai data yang direkap pihaknya, lanjut Frederik, hingga saat ini jumlah warga yang mengurus kartu kuning mencapai 759 pencaker meliputi pencaker berpendidikan Sekolah Dasar sebanyak enam orang.

Sementara pencaker yang berpendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebanyak empat  orang, SMU berjumlah 252 orang, 67 orang berijasah SMK dan 430 orang yang berpendidikan strata satu.

“Quota CPNS untuk Kabupaten Rote Ndao tahun ini hanya 50 orang meliputi 35 orang tenaga Sekolah Dasar dan 15 orang tenaga guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK),” katanya.

Dengan minimnya quota yang dibutuhkan, kata Frederik, warga dihimbaunya agar memanfaatkan sumber daya yang dimiliki untuk membuka lapangan pekerjaan.

“Dengan quota yang kecil seperti ini, kita harapkan agar masyarakat tidak hanya terpaku dengan CPNSD tapi mesti mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki untuk membuka lapangan kerja baru sesuai keahlian yang ada guna mengelola pontesi sumber daya alam yang ada,” harap Frederik.

Ditambahkannya, pengurusan kartu kuning saat ini yang dilakukan secara online alami hambatan disebabkan karena terjadi gangguan jaringan internet.

“Pengurusan kartu kuning saat ini alami kendala dikarenakan terjadi gangguan pada jaringan internet. Ada juga disebabkan pendobelan data yang dimasukan oleh pencaker terutama pencaker yang sebelumnya pernah mengurus kartu kuning,” terangnya.

Baca Juga :  Saatnya RSU WZ Yohannes Kupang Direlokasi

Meminimalisir terjadinya hambatan itu, pencaker yang pernah mengurus kartu kuning diharapkannya agar membawanya saat mengurus kartu kuning baru sehingga prosesnya tidak memakan waktu yang lama.

“Data terakhir yang kami miliki, sejak tahun 2003 hingga September tahun 2013, jumlah pencaker yang mengurus kartu kuning sebanyak lima ribuan pencaker yang mengurus kartu tanda pencari kerja di Kabupaten Rote Ndao,” ungkapnya. (lima)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button