Home / Sport / KPK dan BPKP Gelar Semiloka di NTT

KPK dan BPKP Gelar Semiloka di NTT

Bagikan Halaman ini

Share Button

13

 

moral-politik.com. Kota Kupang – Dalam rangka upaya pencegahan korupsi dengan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik di Nusa Tenggara Timur (NTT), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bekerja sama dengan BPKP menggelar semiloka pencegahan korupsi terkait upaya peningkatan akuntabilitas pelayanan publik, pengelolaan APBD dan sektor strategis di daerah ini.

Semiloka yang dilangsungkan di Aula Utama El Tari, Rabu (25/9) di Kupang.

Humas KPK Johan Budi, dalam siaran persnya mejelaskan tema kegiatan tersebut berfokus pada upaya perbaikan pelayanan publik dan pengelolaanl APBD yang transparan dan akuntabel.

“KPK menilai layanan publijk yang baik merupakan elemen vital dalam keberhasilan pemberantasan korupsi. Selain itu, fokus KPK pada sektor strategis yang menjadi kepentingan nasional seperti sektor pertambangan, ketahanan pangan dan sektor pendapatan,” katanya.

Menurutnya, semiloka ini memaparkan rencana aksi hasil kegiatan koordinasi supervisi pencegahan tahun 2012 dan hasil pengamatan perubahan APBD yang dilaksanakan tahun 2013 serta hasil pengamatan pada sektor ketahanan pangan dan pendapatan di NTT.

Dia menjelaskan, melalui kegiatan ini KPK dan BPKP juga mendorong partispasi masyarakat untuk memberi masukan dan mengawasi implementasi rencana aksi yang disampaikan pemerintah daerah.

“Selain di NTT kegiatan ini juga dilakukan di seluruh provinsi di Indonesia sebagai bentuk aplikasi nyata dan kerja sama KPK dan BPKP yang dilandasi dengan nota kesepahaman pada tahun 2011,” paparnya.

Dia menambahkan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari program koordinasi, supervisi dan pencegahan yang telah dilaksanakan di 33 provinsi di Indonesia.

Kata dia, evaluasi dan perbaikan terkait dengan pendekatan serta fokus koordinasi supervisi, pencegahan terus dilakukan dengan harapan dapat menurunkan potensi korupsi dan peningkatan akuntabilitas pada ketiga sektor tersebut.***(AVI)

Baca Juga :  Rote Ndao Miliki 25 Ribu Ha Hutan Produksi

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button