Home / Sport / KPU NTT dan Belu Batalkan Pilkada

KPU NTT dan Belu Batalkan Pilkada

Bagikan Halaman ini

Share Button

SONY DSC

 

moral-politik.com. Kota Kupang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nusa Tenggara Timur (NTT) bersama KPU Kabupaten Belu akhirnya membatalkan pemilu kepala daerah (Pilkkada) yang seharusnya digelar November 2013 mendatang.

“Masalah anggaran dan data pemilih masih jadi perdebatan hingga saat ini, sehingga tidak  mungkin dilaksanakan lagi,” kata Ketua KPU NTT,  Johanes Depa, di Kupang Selasa (24/9) .

Menurutnya, berdasarkan keputusan pemerintah pusat bahwa tidak ada Pilkada tahun 2014, maka  NTT harusnya menggelar 11 Pilkada  yakni Gubernur, Sikka, Kupang, Timor Tengah Selatan,
Alor, Ende, Manggarai Timur, Sumba Barat Daya, Rote Ndao dan Belu.

Dia menuturkan, melihat dari limit waktu sesuai ketentuan bahwa proses Pilkada dimulai  delapan bulan sebelumnya, maka Pemilukada Belu sudah tidak mungkin digelar lagi. Masalah lain  gagalnya Pilkada Belu, karena Daerah Otonomi Baru (DOB) Malaka yang baru dimekarkan tidak  diakomodir sebagai peserta pemilu.

“Padahal, proses Pilkada yang telah disusun KPU sudah termasuk dengan DOB Malaka,  sehingga anggaran yang disediakan untuk 12 kecamatan tidak cukup untuk menggelar pesta  demokrasi lima tahunan itu,” katanya.

Pilkada Belu, katanya, harus digelar tahun ini, karena tahun depan tidak ada Pilkada, hanya difokuskan pada Pemilu Legislatif dan Presiden, sedangkan akhir masa jabatan Bupati Belu pada 17 Februari 2014. *** (AVI)

Baca Juga :  Akhirnya Rancadore, Gang Mafia Italia Ditangkap di Inggris

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button