Home / Sport / Menkes Pastikan Program JKN Jangkau Seluruh Rakyat Indonesia

Menkes Pastikan Program JKN Jangkau Seluruh Rakyat Indonesia

Bagikan Halaman ini

Share Button

22

 

 

moral-politik.com. Menteri Kesehatan RI, Nafsiah Mboi mengatakan, pemerintah menargetkan pada tahun 2019 program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) akan menjangkau seluruh rakyat Indonesia, karena untuk tahap awal kepesertaan JKN baru mencakup pegawai negeri, anggota TNI/Polri.

Nafsiah Mboi mengatakan itu di Kupang, Kamis (5/9) saat memberikan arahan pada pembukaan  Konas Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) ke-12 .

Istri mantan Gubernur Nusa Tenggara Timur, Ben Mboi itu  menjelaskan, Sistem Jaminan Kesehatan  Nasional (JKN) merupakan program raksasa yang sangat ambisius  sebagai upaya negara untuk menjamin hak setiap warga negara untuk dapat hidup sehat dan produktif.

“Seperti beberapa negara maju lainnya, Indonesia akan menerapkan JKN dengan sistem asuransi  sosial. Dengan begitu, semakin banyak orang yang ikut JKN, semakin banyak orang yang akan menanggung biaya kesehatan,” jelasnya.

Dia menegaskan, program kesehatan dengan  sistem Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang akan  digulirkan pemerintah mulai tahun 2014 mendatang, tidak sama dengan sistem pengobatan gratis, tetapi dengan menggunakan kontribusi masyarakat dengan nilai terjangkau.

Dia mengatakan, kendatipun setiap peserta pemegang JKN harus membayar sejumlah kontribusi  terhadap klasifikasi ruangan dan layanan kesehatan yang dipilih, namun jumlahnya sangat terjangkau.

Dia menuturkan, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan telah merancang klasifikasi harga  pelayanan pengobatan menggunakan JKN yang akan mulai secara paripurna untuk seluruh rakyat  Indonesia pada 31 Desember 2019 mendatang.

“Untuk tarif kontribusi pemegang JKN pelayanan kesehatan kelas tiga direncanakan Rp25  ribu/bulan, kelas dua Rp42 ribu/bulan dan kelas satu Rp59 ribu/bulannya,” sebutnya.

Kata dia, kendati masih rancangan, namun diyakini tarif ini akan bisa dijangkau oleh  masyarakat di lapisan manapun. Rancangan tarif untuk klasifikasi layanan kesehatan rumah sakit tersebut, juga termasuk sejumlah layanan lain, seperti layanan rehabilitasi dan layanan  mobilitas pasien selama ditangani oleh rumah sakit yang ditunjuk.***(AVI)

Baca Juga :  Aksi bagikan stiker Anti Korupsi, Bupati TTU dan wakilnya tak ditemui

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button