Home / Pena_VJB / Menkes Nafsiah Mboi: JKN Diterapkan 1 Januari 2014

Menkes Nafsiah Mboi: JKN Diterapkan 1 Januari 2014

Bagikan Halaman ini

Share Button

dd

moral-politik.com. Menteri kesehatan RI, Nafsiah Mboy mengatakan, sejak tangal 1 Januari 2014 mendatang pemerintah akan memberlakukan sistim Jaminan Kesehatan Nasional (JKS)  di seluruh Indonesia.

Dengan sistim tersebut, pasien yang memegang kartu JKN dapat berobat di mana saja, baik itu di rumah sakit swasta, rumah sakit milik pemerintah, RS TNI, RS Polri. Namun masyarakat pemegang kartu JKN harus membayar premi berdasarkan kelas yang dipilih dalam perawatan.

“Jadi kalau peserta kartu JKN sakit dia sudah tahu tempat berobat, tinggal dia sendiri yang memilih fasilitas pelayanan apa yang diinginkan. Apakah itu fasilitas pelayanan Kelas 1, Kelas 2, atau Kelas  3. Semuanya tergantung dari fasilitas yang dipilih,” kata Nafsiah kepada moral-politik.com di Kupang, Rabu (04/09/2013).

Ia mengatakan, dengan sistim itu, semua rumah sakit yang ada akan dilibatkan, dan semuanya diwajibkan memiliki interkoneksifitas antara satu sama lain, sehingga  peserta JKN dapat memilih rumah sakit berdasarkan kedekatan dengan tempat tinggalnya, atau berdasarkan pelayanan yang diberikan.

Sistim itu diterapkan, lanjutnya, agar bisa meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.
Dengan sistim itu masyarakat bisa saja pindah ke tempat lain ketika rumah sakit awal yang dipilihnya tidak mampu melayaninya dengan baik.

“Kalau dulu kan rumah sakit dengan seenaknya memperlakukan pasien semaunya, dan hanya rumah sakit tertentu yang melayani peserta jaminan kesehatan. Namun dengan sistim JKN, pihak rumah sakit harus memberi pelayanan prima, kalau tidak ingin pasiennya kabur ke tempat lain,” kata Menkes. (kinyo)

Baca Juga :  Albert Vincent, Kencani Sensasi Jembatan Suramadu (1)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button