Home / DPRD Kota Kupang / Pemkot Kupang Inovatif Tangani Sampah

Pemkot Kupang Inovatif Tangani Sampah

Bagikan Halaman ini

Share Button

7

 

moral-politik.com. Kota Kupang – Dalam penanganan masalah sampah di Kota Kupang, DPRD minta Pemkot Kupang harus inovatif dalam penanganannya. Khususnya untuk wilayah yang sulit diangkut dengan mobil sampah, sebaiknya digunakan motor sampah yang telah disiagakan di masing-masing kelurahan namun tidak pernah difungsikan secara baik.

“Dinas kebersihan jangan hanya mengandalkan mobil truk untuk mengangkut sampah, tapi harus juga menggunakan motor sampah guna mengangkut sampah di gang-gang sempit agar lebih memudahkan pengangkutannya,” ujar Anggota DPRD Kota Kupang, Imanuel Haning kepada moral-politik.com di Kupang, Senin (23/09/2013).

Menurut Haning, akhir-akhir ini dirinya mendapat pengeluhan dari masyarakat soal penanganan sampah yang tidak pernah selesai. Dibeberapa kelurahan, banyak warga yang mengeluh khususnya diwilayah yang bukan di pinggir jalan negara atau jalan provinsi. Warga yang tinggal di luar dari jalan tersebut  banyak mengeluhkan masalah sampah yang tidak tertangani dengan baik, bahkan adakala sampah dibiarkan sampai membusuk sehingga menimbulkan bau yang sangat tidak sedap. Hal itu kebanyakan tidak mendapat respon dari pemerintah setempat dalam hal ini pihak kelurahan atau kecamatan. Padahal di masing-masing kantor itu pemerintah sudah menyiagakan motor sampah. Namun semuanya tidak pernah difungsikan secara baik.

“Motor itu hanya seperti menjadi barang pajangan di kantor lurah atau pun kantor kecamatan dan tidak pergunakan sesuai dengan peruntukannya, sehingga menimbulkan penimbunan dimana-mana, akibatnya warga masyarakat mengeluh karena membayar retribusi sampah setiap bulan namun sampah tidak pernah diangkut,” kata Imanuel.

Ia mengatakan, jika motor sampah yang cukup banyak itu difungsikan secara baik, maka persoalan sampah sedikitnya bisa tertangani dan tidak terdengar lagi ada warga yang membobol tempat sampah dekat rumah mereka karena sudah tidak tahan lagi dengan aroma dan polusi yang ditimbulkan tumpukan sampah yang tidak terangkut. (Nyongky)

Baca Juga :  Fraksi Demokrat Minta Pemkot Kupang Jangan Merekayasa

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button