Home / Populer / Pencari Suaka Tak Boleh Membebani Indonesia

Pencari Suaka Tak Boleh Membebani Indonesia

Bagikan Halaman ini

Share Button

foto feri tanoni

 

moral-politik.com. Kota Kupang – Pemerhati masalah Laut Timor, Ferdi Tanoni mengapresiasi pendapat Guru Besar Hukum Internasional Unibersitas Indonesia, Hikmahanto Juwana yang meminta pemerintah memfasilitasi para pencari suaka sampai ke Australia secara aman dan selamat.

Ditemui di Kupang, Rabu(25/9), Tanoni yang juga Ketua Yayasan Peduli  Timor Barat (YPTB) ini mengatakan, usulan tersebut sangat penting agar keberadaan pencari suaka atau imigran ilegal tersebut tidak menjadi beban bagi Indonesia.

Menurutnya, jika kebijakan tersebut ditempuh pemerintah Indonesia, akan memutus mata rantai mafia penyelundupan manusia yang terjadi selama ini.

“Pemerintah Indonesia dan Australia perlu membahas masalah para pencari suaka yang akan ke Australia, karena jumlah mereka  setiap tahun makin banyak,” katanya.

Dia menuturkan, Pemerintah Indonesia perlu meninjau kembali kebijakan menahan para pencari suaka itu berlama-lama di rumah detensi imigrasi, sebab mereka tidak melakukan pelanggaran Hukum Keimigrasian  Indonesia.

Lebih  bijak, lanjutnya, pemerintah sesegera mungkin memfasilitasi para pencari suaka yang kebanyakan berasal dari Timur Tengah ke Australia, karena tujuan utama mereka adalah mencari suaka ke Benua Kanguru itu.

“Kita ingin masalah pencari suaka tidak  menjadi beban bagi hubungan Indonesia – Australia sebagai negara tetangga,” ujarnya.

Kata dia, untuk menuntaskan persoalan itu perlu kajian  serius, apalagi pemerintah Indonesia wajib menghormati hak asasi manusia para pencari suaka dan pengungsi untuk bebas bepergian ke negara manapun tanpa harus dihalangi.***(AVI)

Baca Juga :  Masyarakat Jateng selatan Waspadai Angin Puting Beliung

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button