Home / Sport / Petani Kedelai Minta Pemerintah Operasi Pasar

Petani Kedelai Minta Pemerintah Operasi Pasar

Bagikan Halaman ini

Share Button

 

 

2

 
moral-politik.com. Para Pengrajin tahu tempe di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) meminta pemerintah segera melakukan operasi pasar kedelai, agar bisa menekan harga bahan baku tersebut di pasaran.

Hal tersebut disampaikan salah seorang pengrajin tahu tempe, Maryono, saat ditemui di Kupang,  Selasa (3/9/2013).

Menurutnya, untuk jangka panjang pemerintah harus bisa berupaya mengembangkan dan  meningkatkan produksi kacang kedelai di  beberapa wilayah  di Indonesia khususnya di Nusa  Tenggara Timur, karena  daerah ini sangat cocok untuk pengembangan tanaman tersebut.

“Naiknya harga kedelai di pasaran, membuat para pengrajin tahu tempe di Kupang, NTT mengurangi volume atau kemasan tahu tempe yang akan dijual ke pasaran,  agar bisa mencukupi kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Sebelum kenaikan, katanya, kedelai per karung dibeli dengan harga Rp 450 ribu, namun sekarang  sudah naik mencapai Rp 475 ribui per karung. Bahkan, untuk produksi tahu tempe dalam pekan ini, masih mengandalkan persediaan yang masih ada.

Sementara itu, pantauan di Pasar Inpres Naikoten I Kupang, harga kedelai mencapai Rp10.000  per kilogram, atau naik Rp 1.000 dari harga sebelumnya Rp 9.000 per kg.

Kenaikan harga kedelai ini menurut Mahmud, salah seorang pedagang sudah terjadi dua hari lalu.  Jika dalam pekan ini belum ada tambahan pasokan, ia memprediksi harga kedelai bakal naik  lagi.*** (AVI)

Baca Juga :  Jelang Ramadhan, Polres Ende Tertibkan Miras & Club Malam

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button