Home / Populer / “Presiden SBY Semakin Tertarik Pindahkan Pusat Pemerintahan dari Jakarta?”

“Presiden SBY Semakin Tertarik Pindahkan Pusat Pemerintahan dari Jakarta?”

Bagikan Halaman ini

Share Button

11

 

 

 

moral-politik.com. Kota Astana, yang merupakan ibukota baru Kazakhstan memang sangat menarik. Kota yang menjadi pusat pemerintahan Kazakhstan ini memiliki gedung-gedung ikonik dan berarsitektur yang yahud.

Tata letak kotanya yang sangat teratur. Jalan- jalan raya yang lebar dengan pedestrian yang luas yang memanjakan pejalan kaki. Desain kota yang menarik dengan taman-taman kota bertebaran di berbagai titik. Singkat kata, kota ini terkesan sebagai sebuah ibukota ideal.

Dalam kunjungan bilateralnya ke Astana selama dua hari pada 2-4 September lalu, Presiden SBY terkesan dengan kota yang memiliki ikon Menara Bayterek ini. Presiden SBY sempat menyempatkan jalan pagi untuk melihat keindahan kota ini.

Lantas apakah Presiden SBY makin tertarik untuk memindahkan pusat pemerintahan dari Jakarta yang semakin padat itu? Jawabannya ya. Menurut SBY, Astana bisa menjadi contoh yang baik dalam upaya pemindahan kota pemerintahan, sebagaimana juga yang telah dilakukan Turki, Australia, dan Malaysia.

Dua jam menjelang meninggalkan Kota Saint Petersburg menuju Jakarta, Presiden SBY secara khusus menyinggung wacana pemindahan pusat kota pemerintahan ini. Presiden juga menyampaikan hal ini saat berada di dalam pesawat.

“Kita sama-sama saksikan ibukota Kazakhstan yang baru, yang sangat khas, dengan desain bagus, gedung-gedung ikonik, kota yang teratur, arsitekturnya baik. Ini ideal bagi pusat pemerintahan sebuah negara,” kata SBY saat melakukan jumpa pers di Hotel Grand Emerald, Saint Petersburg, menjelang kepulangannya ke Jakarta, Sabtu (7/9/2013) siang.

SBY mengaku dirinya sudah memikirkan pemindahan pusat kota pemerintahan di luar Jakarta sejak 4-5 tahun lalu. Bahkan SBY juga sudah menunjuk tim kecil untuk melakukan kajian dan riset terkait dengan wacana pembangunan kota pusat pemerintahan yang baru. (sumber: detik.com)

Baca Juga :  Kepala Novanto tak benjol saat tiba di KPK

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button