Home / Sport / Ratusan Bidang Tanah Pemprov NTT Tak Bersertifikat

Ratusan Bidang Tanah Pemprov NTT Tak Bersertifikat

Bagikan Halaman ini

Share Button

16foto: arena fatululi yang telah disewakan

 

 

moral-politik.com. Kota Kupang. Dari empat ratusan bidang tanah, sekitar 320 bidang memiliki sertifikat sedangkan sisanya kurang lebih 120 bidang lainnya hingga saat ini belum memiliki sertifikat asli, bahkan dari 300 bidang tanah tersebut sebagian hanya mengantongi sertifikat yang di foto copy.

“Sekitar seratus lebih bidang tanah milik Pemprov NTT tidak punya sertifikat, ada juga yang hanya punya sertifikat yang di foto copy,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) NTT Frans Salem kepada moral-politik.com di kantor DPRD NTT seusai mengikuti rapat badan anggaran (Banggar) Selasa (24/9).

Menurut Salem, dari jumlah 400 lebih bidang tanah tersebut baru 100 yang mengantongi sertifikat asli.

Saat ini, kata Salem, banyak tanah milik Pemprov NTT yang telah ditempati oleh masyarakat sehingga Pemprov berinisiatif untuk menghibahkan tanah tersebut namun sebelumnya Pemprov NTT akan melakukan pengukuran ulang dan meminta bukti kepemilikan tanah kepada masyarakat.

Dia menjelaskan, saat ini Pemprov NTT mengalami kesulitan pasalnya, masyarakat yang telah berdomisili di atas tanah tersebut belum mau memberi keparcayaan kepada pemerintah untuk melakukan pengukuran padahal, untuk proses menghibahkan tanah melalui pengukuran ulang.

Menurut dia, sebagian tanah milik Pemrov NTT sudah disewakan ke pihak ke-3, salah satunya yang berada di arena pameran Fatululi. Sedangkan beberapa bidang tanah lainnya masih berbentuk lahan kosong.

Terkait penyewaan tanah oleh pihak ketiga khusunya di arena pameran Fatululi, Pemerintah Provinsi akan melakukan pembicraan ulang karena nilai uang yang diberikan oleh pihak ketiga sangat rendah.

“Kami akan bicarakan lagi dengan pihak ketiga terkait jumlah pembayaran. Masa dalam 30 tahun mereka hanya bayar Rp 7 miliar,” jelasnya. (Ikzan)

Baca Juga :  PDIP Bakal Capreskan Anak Muda

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button