Home / Sport / Realisasi Dana Bantuan Bencana Alam Tak Tepat Sasaran?

Realisasi Dana Bantuan Bencana Alam Tak Tepat Sasaran?

Bagikan Halaman ini

Share Button

3

 

 

 

moral-politik.com. Rote Ndao – Realisasi dana bantuan bencana alam Tahun 2013 yang terakomodir  dari pos anggaran tak terduga sebesar Rp.882. 000. 000 kepada 772 kepala keluarga oleh Badan Penanggulangan Bencana Alam Daerah Kabupaten Rote Ndao salah sasaran dan  sarat rekayasa.

Informasi yang berhasil dihimpun wartawan menyebutkan, terdapat 772 kepala keluarga yang menerima bantuan ini namun kebanyakan penerima didominasi oleh oknum Pegawai Negeri sipil, polisi dan kontraktor.

Salah seorang warga Kelurahan Metina, Yudas Oktovianus yang dimintai tanggapannya, Selasa (24/9) mengunkapkan kaget menyaksikan dengan salah seorang tetangganya yang mendapatkan bantuan bencana alam.

Pada hal, kata dia, penerima bantuan itu selama dua tahun terakhir tak alami musibah bencana.

Terhadap persoalan itu Kepala Badan Penaggulangan Bencana Alam Kabupaten Rote Ndao, Johanis Feoh yang ditemui secara terpisah menjelaskan, pembagian dana bencana alam Tahun 2013 berlangsung di kantor Bupati Rote Ndao dan diserahkan langsung oleh Bupati Rote Ndao, Drs.Leonard Haning,MM, Selasa (24/9/2013).

“Jumlah penerima dana bencana alam sebenayak 772 kepala keluarga yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Rote Ndao dengan total anggaran sebesar Rp892 juta,” katanya.

Anggaran tersebut lanjut Feoh berusmber dari pos anggaran dana tak terduga dengan kisaran pembayaran kepada masing-masing penerima sebesar Rp250. 000 hingga Rp5 juta.

“Secara administratif semua diusulkan dari bawah yakni melalui kelurahan dan desa lalu diusulkan ke camat yang dilanjutkan ke Bupati selanjutnya kami lakukan pembayaran berdasarkan data penerima yang ada. Para penerima bantuan bencana alam adalah masyarakat yang benar-benar terkena musibah bencana alam bukan termasuk non bencana alam atau bencana sosial. Saya rasa para penerima adalah benar-benar yang terkena bencana alam,” ujarnya. (lima)

Baca Juga :  Persediaan Sembako di Kota Kupang Masih Cukup

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button