Home / Opini / Rhere: Sikap Toleran Itu Indah

Rhere: Sikap Toleran Itu Indah

Bagikan Halaman ini

Share Button

Rhere 2

 

 

moral-politik.com. Sikap toleran itu indah dan idealnya dimiliki setiap orang.

Rhere, wanita muda berparas elok ini mengatakan, secara personal manusia membawa karakternya masing-masing dan secara sosial, mereka terlahir dalam lingkungan yang berbeda-beda pula.

Menurut mahasiswi cantik yang saat ini sedang mengenyam pendidikan pada salah satu universitas ternama di Kota Kupang ini, hal itulah yang membuat manusia begitu beragam. Mereka berbeda dalam negara, bangsa, budaya, bahasa, agama, dan seterusnya.

Ketika seseorang, sambung dia, hidup di tengah masyarakat yang beragam ini, maka sikap toleran mutlak diperlukan agar tidak terjadi gesekan-gesekan sosial.

“Sikap toleran juga sangat diperlukan tak terkecuali dalam konteks beragama. Baik itu intern (sesama) maupun ekstern (antar) umat beragama,” ujarnya.

Wanita berdarah Timor ini juga mengatakan, ketika seseorang kehilangan sikap toleran, maka yang terjadi kemudian adalah sikap memaksakan kehendak. Apapun akan ia lakukan agar orang lain yang berbeda dengannya itu mengikuti apa yang ia yakini, termasuk dengan cara kekerasan dan pembunuhan.

“Manusia diciptakan memang berbeda-beda. Tetapi hendaknya perbedaan-perbedaan ini, termasuk perbedaan dalam keyakinan tidak menjadi pemicu konflik,” pungkasnya, mantap. (Ale)

Baca Juga :  Selestinus: Yusril tidak percaya diri selaku kuasa hukum Yusanto

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button