Home / Sport / Seluruh Pihak Harus Miliki Kesadaran berzakat

Seluruh Pihak Harus Miliki Kesadaran berzakat

Bagikan Halaman ini

Share Button

19

 

moral-politik.com. Zakat merupakan aplikasi dari keimanan, pemahaman iman agama dan moral sosial mengharuskan setiap pemeluk untuk bersedekah atau memberikan zakat.

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rote Ndao, Mikael Pah, S.Ip didampingi Kasie Pendidikan dan Bimas Islam, Muktar K saat tampil sebagai pembicara pada kegiatan Sosialisasi Undang-undang No. 23 Tahun 2011 tentang Zakat yang berlangsung di Aula Hotel Ricky Ba’a, belum lama ini.

Dikatakan Mikael, pemberian dan pengelolaan zakat sangat bergantung pada kesadaran masing pihak baik yang memberikan zakat maupun pihak atau petugas yang mengelolahnya.

“Zakat berarti dan bernilai mulia jika pemberian zakat berdasarkan kesadaran keagamaan dan rasa solidaritas sebagai sesama ciptaan Tuhan,” terangnya.

Menurut Mikael, zakat akan bermanfaat bagi hajat hidup orang banyak dan berkeadilan apabila pengelola atau petugas zakat dapat melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai amanah dan bukan berlatar belakang motif pribadi.

“Adalah dosa besar jika zakat yang diberikan secara ikhlas diselewengkan oleh pengelolah zakat,” ungkapnya.

Untuk itu seluruh umat islam di Kabupaten Rote Ndao diharapkannya untuk memaknai zakat sebagai wujud iman dan tanggung jawab moral sosial bagi sesama. Sementara itu para pengelola zakat diingatkannya agar mengelola zakat secara baik dan benar sehingga maksud zakat demi kemaslahatan orang banyak dapat terwujud.

Sedangkan  Ketua Panitia, Abdul Haris Karabi, SH dalam laporannya mengatakan kegiatan itu dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan fungsi dan peranan pranata keagamaan dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan sosial.

Selain itu sebut Abdul, kegiatan itu dilakukan meningkatkan pemahaman dalam menunaikan zakat sesuai dengan tuntunan agama serta untuk mensinergiskan pengelolaan zakat dalam rangka menyikapi hasil guna zakat dan daya guna zakat.

Baca Juga :  KM Cucut nyaris tenggelam di Selat Ombai

Pantauan wartawan, hadir dalam kegiatan itu Ta’mir Masjid, Majelis Ta’lim, Ormas Islam se Kabupaten Rote Ndao. (lima)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button