Home / Sport / Sinun Pieter Manuk: NTT Dapat Dana PKH Rp 200 Miliar

Sinun Pieter Manuk: NTT Dapat Dana PKH Rp 200 Miliar

Bagikan Halaman ini

Share Button

6

moral-politik.com. Kementerian Sosial (Kemensos) pada tahun 2013 ini mengalokasikan anggaran sebesar Rp 200 miliar untuk pelaksanaan program keluarga harapan (PKH) bagi rumah tangga miskin di 21 kabupaten/kota se Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kepala Dinas Sosial NTT, Sinun Pieter Manuk, kepada moral-politik.com di Kupang, Sabtu (7/9) menjelaskan, alokasi dana sebesar itu karena ada penambahan 10 dari 11 daerah yang menerima dana tersebut tahun 2012 lalu.

Menurutnya, sejak digulirkan pertama tahun 2007 lalu, saat itu NTT hanya kebagian tujuh kabupaten yakni Kota Kupang, Kabupaten Manggarai Barat, Timor Tengah Selatan (TTS), Alor, Sikka, Ende dan Sumba Barat.

“Penambahan 10 kabupaten penerima PKH tersebut, sesuai kebijakan pemerintah tentang percepatan pembangunan di NTT. Dengan begitu, jumlah keluarga miskin penerimanya pun ikut bertambah dari sebelumnya 86 ribu rumah tangga miskin,” jelasnya.

Dia menyebutkan, dari 21 kabupaten/kota penerima dana PKH tersebut, yang paling banyak adalah Kabupaten TTS sebanyak 17 ribu rumah tangga miskin dengan alokasi dana Rp 24 miliar. Sedangkan Kota Kupang paling sedikit yakni 2.700 rumah tangga.

Dia menjelaskan, program PKH bukan program penanggulangan kemiskinan, tetapi semata-mata untuk memutuskan mata rantai kemiskinan dengan dua bidang sasaran yakni pendidikan dan kesehatan.

“Bantuan ini dikategorikan sebagai bantuan tunai bersyarat.Jika syaratnya tidak dipenuhi akan dilakukan pemotongan. Kententuan tentang itu memang ada dan dananya akan dikembalikan ke kas negara,” urainya.

Dana itu, tambahnya, dicairkan secara triwulan atau empat kali dalam setahun. Jika sebelumnya setiap rumah tangga miskin mendapat Rp 1,3 juta, mulai tahun 2013 naik menjadi Rp 1,8 juta.***(AVI)

Baca Juga :  Jecky Uly : Kader Partai Nasdem di TTU harus kerja optimal

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button