Home / Sport / Tahun 1796, Air Terjun Ini Tak Berair

Tahun 1796, Air Terjun Ini Tak Berair

Bagikan Halaman ini

Share Button

2

 

 

moral-politik.com. Air terjun yang bergemericik selalu menjadi tempat rekreasi yang sejuk nan indah, tapi ada yang berbeda di Swedia. Sebuah kejadian telah mengubah air terjun Storforsen atau Grand Rapids menjadi air terjun mati, alias tidak ada airnya.

Seperti dilansir dari situs Doda Fallet, Kamis (12/9/2013) sebuah kejadian telah mengubah air terjun Storforsen di danau Ragunda menjadi kering. Air terjun yang menghubungkan Danau Ragunda dengan Sungai Indalsalven dibawahnya mengering pada tahun 1796.

Air terjun Storforsen berubah menjadi air terjun mati atau biasa disebut Doda Fallet hanya dalam satu malam saja. Pada tahun 1796, perusahaan Grand Rapids menyewa kontraktor lokal bernama Magnus Huss, yang kemudian disebut Crazy Huss, untuk membuat Sungai Indalsaven dapat dilalui kayu yang mengapung sebagai sarana transportasi.

Magnus Huss memutuskan untuk membuat dam penahan Danau Ragunda di sisi barat dataran kerikil di sebelah air terjun dan membiarkan air yang mengalir membuat jalan menuju air terjun Storforsen. Sayangnya, Huss tidak memperkirakan limpahan air dari gunung di sekelilingnya. Tepat pada malam 6 Juni 1796, permukaan air meningkat dan menembus dam, mengakibatkan terkurasnya air danau Ragunda dan membanjiri hutan.

Kecelakaan tersebut menyebabkan kerusakan pada pertanian, ternak, dan tempat penggergajian kayu yang berjarak beberapa kilometer dari aliran sungai, ajaibnya tidak ada korban jiwa manusia. Adapun ditemukan jenazah Huss yang tenggelam di sungai setahun sesudahnya, yang dicurigai menjadi korban amukan petani yang marah.

Patungnya dibuat di Liden, Sundsvall, sekaligus sebagai kuburannya. Sekarang, air terjun mati atau Doda Fallet menjadi salah satu atraksi bagaimana sebuah air terjun terlihat tanpa air. (sumber: detik.com)

Baca Juga :  Kontraktor Siatanto sudah diperiksa penyidik

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button