Home / Sport / Tahun Ini Produksi Pertanian di Rote Ndao Surplus

Tahun Ini Produksi Pertanian di Rote Ndao Surplus

Bagikan Halaman ini

Share Button

4

 

moral-politik.com. Seperti yang terjadi di tahun-tahun sebelumnya, prduksi pertanian di Kabupaten Rote Ndao dalam musim panen tahun 2013 alami surplus.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Rote Ndao, Markus Ledoh kepada moral-politik.com di ruang kerjanya, Jumat (13/9/2013).

Menurutnya, surplus produksi pertanian yang kembali terjadi dalam musim panen tahun 2013 akibat adanya partisipasi dari seluruh semua elemen masyarakat petani yang ada di Kabupaten Rote Ndao dan serta suntukan anggaran dari Pemkab Rote Ndao untuk mendukung sektor pertanian, perkebunan, kehutanan dan holtukultura.

Produksi pertanian di Kabupaten Rote Ndao kata Maks, alami fluktuatif namun tingkatnya melebihi target yang ditetapkan pihaknya. Dirincikannya, produksi pertanian pada tahun 2009 mencapai 42. 988 ton, tahun 2010 sebesar 16.983 ton akibat curah hujan yang rendah.

Sementara di tahun 2011 alami peningkatan yang cukup signifikan menjadi 52. 317,3 ton, tahun 2012 naik menjadi 64.994, 5 ton dan Juli 2013 sebesar 43.543, 9 ton.

“Surplus ini terjadi karena adanya dukungan kerja sama dari berbagai pihak baik pemerintah maupun masyarakat petani,” ujarnya.

Dalam menunjang sektor pertanian di Kabupaten Rote Ndao kata Maks, sejak tahun anggaran 2011, Pemkab Rote Ndao menyuntik anggaran untuk perluasan lahan seluas 100 hektaare.

Di tahun anggaran 2012 lanjutnya, Pemkab Rote Ndao mengalokasikan anggaran sebesar Rp13 miliar untuk pemberdayaan sektor pertanian, perkebunan, kehutanan dan holtikultural termasuk perluasan lahan 200 hektaare. Sedangkan di TA.2013, Pemkab Rote Ndao menyiapkan anggaran sebesar Rp11 miliar untuk pemberdayaan keempat sektor itu.

“Alokasi anggaran yang disiapkan tahun ini memang alami penurunan tetapi tidak berkaitan langsung dengan penurunan produksi tahun ini. Penurunan produksi yang terjadi disebabkan karena iklim dan cuaca yang tidak mendukung,” terangnya.

Baca Juga :  Masyarakat telah cerdas dan yakin menangkan Hanura

Untuk musim tanam tahun ini tambahnya, pihaknya masih menyiapakan benih, pupuk dan obat- obatan bagi kelompok-kelompok tani yang telah menyiapkan lahan.

“Ini tidak diperuntukan bagi semua desa dan kelurahan yang ada di Kab Rote Ndao tetapi di khususkan bagi lokasi-lokasi percontohan,” terangnya. (lima)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button