Home / Sport / Tambang Liar Marak, Distamben Tak Gubris

Tambang Liar Marak, Distamben Tak Gubris

Bagikan Halaman ini

Share Button

2

foto: ilustrasi

 
moral-politik.com. Rote Ndao – Tak seperti yang diharapkan, aktivitas penambangan pasir secara liar di wilayah Kabupaten Rote Ndao semakin marak. Celakanya, meski aktivitas penambangan liar marak namun Pemkab Roten Ndao melalui instansi terkait terkesan tak digubris.
Penambangan sirtu tanah putih di Desa Batutua, Kecamatan Rote Barat Daya misalnya, hingga saat ini para penambang tak mengantongi ijin resmi dari Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Rote Ndao.

Pantauan moral-politik.com di lokasi tambang yang terletak di pesisir pantai Saku Batun, Dusun Nggauk, Desa Batutua dan di Dusun Kea langgar, Desa Oetefu serta di Dusun Nggauk, Desa Batutua Kecamatan Rote Barat Daya misalnya, saat ini cukup marak dilakukan.

Sejumlah penambangan yang berhasil dikonfirmasi wartawan menyebutkan, material yang ditambang dijual ke rekanan untuk pembangunan fasilitas pelabuhan Batutua. Material pasir dijual penambangan dengan harga berkisar Rp150 ribu hingga Rp250 ribu per ret.

Salah seorang pemilik penampungan pasir lokal di wilayah itu, Is Nalley yang ditemui di kediamannya menjelaskan, penambangan di Saku Batun tidak dilakukan di atas lahan miliknya. Menurutnya, lahan  miliknya hanya digunakan untuk penampungan pasir sebelum di bawa ke lokasi proyek faspel Batutua.

Terhadap persoalan itu, Kepala Desa Batutua, Axel Langga yang dimintai tanggapan menuturkan, pihaknya telah melaporkan persoalan itu ke pemerintah kecamatan untuk ditindaklanjuti.

“Saya sudah  pantau di lapangan bahwa benar ada aktivitas penambang dan saya sudah menegur para penambang,” katanya.

Sementara Kepala Dinas pertambangan dan Energi Kabupaten Rote Ndao, Ir.Untung yang dikonfirmasi wartawan di ruang kerjanya, Selasa (24/9) kemarin mengatakan segera berkoordinasi dengan instansi terkait untuk dilakukan penertiban. (lima)

Baca Juga :  Pengecoran jalan di Rote Ndao hanya 5 cm

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button