Home / Sport / TNI-AD Dilatih Cara Penanggulangan Bencana

TNI-AD Dilatih Cara Penanggulangan Bencana

Bagikan Halaman ini

Share Button

Brigjend. Ferdinan Setiawan(1)

 
moral-politik.com.  Tentara Nasional Indoensia-Angkatan Darat (TNI-AD) Korem 161/ Wirasakti  Kupang dilatih cara menangani bencana alam. Latihan cara penanggulangan bencana ini untuk memelihara kesiapan dan meningkatkan kemampuan guna mengantisipasi terjadinya bencana alam di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Upacara pembukaan kegiatan Latihan Penanggulangan Bencana Alam dilaksanakan di Lapangan Makorem 161/Wira Sakti Kupang, Rabu (4/9/2013). Bertindak sebagai inspektur upacara yakni Komandan Korem 161/Wira Sakti, Brigjen. TNI Ferdinand Setiawan selaku komandan latihan.

Komandan Korem 161/Wira Sakti, Brigjen TNI Ferdinand Setiawan selaku komandan latihan, dalam amanatnya mengatakan, wilayah Indonesia termasuk Provinsi NTT memiliki iklim yang cenderung mengalami perubahan ekstrim sehingga menjadi rentan terhadap berbagai musibah bencana, baik yang disebabkan oleh alam maupun oleh ulah manusia seperti banjir bandang, tanah longsor dan lain-lain.

Selain itu, peristiwa kebakaran seperti yang terjadi pada kantor koperasi dan aula Korem 161/Wira Sakti, kantor Samsat dan Kantor KPU NTT beberapa tahun lalu, serta kebakaran gedung kantor Gubernur NTT yang terjadi beberapa waktu lalu.

Guna mengatisipasi hal ini, kata Setiawan, Korem 161/Wira Sakti dituntut untuk senantiasa meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan. Disamping itu juga memerlukan perencanaan dan persiapan yang matang serta perlu adanya koordinasi dan kerja sama yang erat dengan Pemda dan seluruh unsur terkait. Sehingga memperkecil kemungkinan terjadinya berbagai resiko yang tidak diharapkan dalam pelakanaan operasi penanggulangan bencana alam dan pemberian bantuan pasca bencana.

Setiawan kepada  moral-politik.com, Jumat (6/9/2013) mengatakan, TNI-AD Korem 161/Wira Sakti Kupang melakuykan semuanya itu demi kepentingan kemanusiaan. Dimana TNI-AD dan masyarakat NTT merupakan mitra kerja yang tidak bisa dipisahkan. (richo)

Baca Juga :  Walikota kesal DPRD Provinsi NTT ingkar janji

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button