Home / Pena_VJB / Umat Keuskupan Atambua Siap Sambut Dubes Vatikan

Umat Keuskupan Atambua Siap Sambut Dubes Vatikan

Bagikan Halaman ini

Share Button

IMG-20130912-00269

 

 

moral-politik.com. Sesuai jadwal, hari ini, Jumat (13/9/2013) sekitar pukul 15.00 Wita, Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Mgr. Antonio Guido Filipazzi bersama Uskup se Indonesia, dengan menggunakan pesawat khusus akan mendarat mulus di Bandara Haliwen, Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kedatangan Dubes Vatikan bersama para Uskup ke Keuskupan Atambua untuk merayakan 100 tahun SVD berkarya di Timor Barat, NTT, dan 75 tahun Gereja Katedral Atambua.

Untuk diketahui, sejak Senin kemarin hingga detik ini, semua umat di Keuskupan Atambua dikerahkan untuk menyambut dan merayakan pesta yang bernuansa kekatolikan ini. Nampak aparat gabungan dari TNI, Polres Belu, Brimob Belu, Sat PP Belu, Linmas, PMKRI, Pemuda Katolik, THS THM, OMK bersiaga penuh di sepanjang jalur menuju Gereja Katedral Atambua.

Selain itu, umat lintas agama pun ikut terlibat dalam kegiatan tersebut dengan turut mengatur lalu lintas dan keamanan. Juga terdapat kumpulan atau persatuan suku-suku di Indonesia turut mengambil bagian dalam acara yang menyedot dana sekitar Rp 1 triliunan ini.

Diperkirakan, umat Katolik dari Timor Leste bersama pejabat pemerintahannya akan hadir dalam acara tersebut. Uskup-uskup Regio Timor Leste juga akan menghadiri acara tersebut, karena sejarah gereja bermula di Atambua hingga masuk ke Timor Leste.

Salah satu panitia, Yosep Hello yang sedang sibuk di lokasi mengatakan, ini merupakan pesta nasional bagi umat katolik. Ini melebihi pesta tahbisan imam. Semua umat di Keuskupan Atambua bersama umat katolik dari Timor Leste siap merayakan 100 tahun SVD berkarya di Timor, dan 75 tahun Gereja Katedral Atambua. Dana untuk membiayai semua kegiatan, sambung Yoseph, diperkirakan hampir mencapai Rp 1 triliun.

Baca Juga :  NTT : Tarif Angkutan ASDP Naik 36 Persen

“Keamanan telah disiagakan karena tamu-tamu dari luar negeri seperti Perdana Menteri Inggris, Amerika, Spanyol, Portugal, Timor Leste, Filipinan, Jepang, Swiss, dan beberapa tamu dari Uni Emirat Arab akan hadir. Itu informasi yang kami terima via surat email dan fax, sehingga kami panitia bekerja keras,” urainya.

Yosep Hello menambahkan, Bupati Belu, Dandim Belu, Kapolres Belu bersama jajarannya bekerja keras untuk menyukseskan acara akbar tersebut. Dan minggu besok, 15 September, merupakan puncak dari semua acara ini.

“Drumb band sebanyak 10 grup siap meriahkan acara. Tarian Likurai dengan penari berjumlah 1.500 orang akan menari dari depan toko Alam Subur, depan TKK Kuntum Bahagia menuju Gereja Katedral. Ini merupakan acara Nasional yang barusan terjadi di Atambua,” ucapnya, semangat. (Felix)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button