Home / Populer / Waduhhh, Sampah Kok Menumpuk di pusat Kota Ba’a?

Waduhhh, Sampah Kok Menumpuk di pusat Kota Ba’a?

Bagikan Halaman ini

Share Button

penumpukan sampah pada TPS depan SLTP Negeri 3 Baa

 

 

 

moral-politik.com. Rote Ndao – Warga yang bermukim di Kelurahan Namodale, Kecamatan Lobalain keluhkan sampah yang menumpuk pada Tempat Pembuangan Sampah (TPS) pada sejumlah titik di ibu kota Kabupaen Rote Ndao.

Sejumlah warga yang berhasil dikonfirmasi moral-politik.com di lokasi itu, Jumat (20/9/2013) mengaku kecewa dengan lemahnya petugas kebersihan Kabupaten Rote Ndao yang tidak angkut sampah.

“Kami yang berdomisili di sekitar Tempat Pembuangan Sampah merasa sangat terganggu dengan udara tak sadap dari TPS. Sudah cukup lama sampah-sampah ini tidak diangkut,” ungkap Rudy, salah seorang warga di Namodale.

Akibat tak diangkut lanjut Rudy, banyak TPS di wilayah itu sudah dipenuhi sampah bahkan berserakan hingga keluar TPS.

“Sampah yang berceceran hingga badan jalan pada samping koperasi Lais Manekat Kabupaten Rote Ndao misalnya sudah dikerumuni lalat-lalat. Hal ini kan bias menimbulkan wabah penyakit baru bagi masyarakat,” katanya.

Menyikapi terjadinya bahaya yang berkelanjutan, Pemkab Rote Ndao melalui Badan Lingkungan Hidup diharapkannya supaya menerjunkan staf untuk mengatasi permasalahan itu.

Terhadap persoalan itu Kepala Badan Lingkungan Hidup, Max Eduard Lona, SH melalui kepala Bidang Pengawsan BLH Rote Ndao, Fransiskus Jehamat yang dihubungi pertelepon mengatakan hamper setiap saat pihaknya menerjunkan petugas kebersihan.

Diakuinya, sampah-sampah yang dihasilkan tidak dapat diangkut seluruhnya akibat minimnya sarana pendukung pengangkut sampah seperti kendaraan roda empat maupun roda tiga yang sangat minim.

“Dari dua unit roda tiga yang beroperasi hingga kemarin alami kerusakan dan masih dalam perbaikan. Saat ini hanya satu unit saja yang beroperasi mengangkut sampah-sampah yang ada di ibu kota kabupaten,”katanya. (lima)

Baca Juga :  9 Wanita Ini Ditunjuk Jokowi Jadi Anggota Pansel KPK

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button