Home / Populer / Walikota Rotterdam Gurui Jokowi Atasi Banjir

Walikota Rotterdam Gurui Jokowi Atasi Banjir

Bagikan Halaman ini

Share Button

11

 

moral-politik.com. Jakarta – Wali Kota Rotterdam Ahmed Aboutaleb memberikan saran kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang tengah mengatasi persoalan banjir, yakni dengan melakukan program pengendalian banjir secara komprehensif dan tidak setengah-setengah.

“Sebagai ibu kota, Jakarta harus menciptakan kebijakan yang komperhensif, ada banyak cara,” ujarnya di Balaikota, Senin (23/9/2013) siang.

Wali Kota pertama di Belanda yang beragama Muslim tersebut menjelaskan, kotanya melakukan program pengendalian banjir sejak sekitar 200 tahun silam. Pasalnya, kota tersebut memiliki ketinggian yang lebih rendah dari permukaan laut sehingga persoalan itu telah diatasi sejak dahulu.

Ahmed mencontohkan, saat pemerintahnya membangun tanggul untuk menahan air laut, di saat yang sama pemerintah juga melaksanakan pengerukan dan pelebaran sungai, yakni menata masyarakat pinggir sungai.

Hal itu dilakukan agar lebar dan kedalaman sungai melebihi sebelumnya. Dengan demikian, terang Ahmed, sungai itu dapat menampung air untuk dialirkannya ke laut.

Tak hanya itu, pemerintahnya sejak dulu hingga kini konsisten menerapkan konsep green city. Konsep tersebut berasaskan pada ketersediaan ruang terbuka hijau sebagai tempat penampungan air hujan dan digunakan untuk keperluan lain.

“Sampai sekarang, kalau buat rumah Rotterdam, harus disediakan ruang terbuka hijaunya. Tidak boleh diaspal supaya airnya bisa meresap dan ditampung,” lanjutnya.

Konsep green city, kata Ahmed, berdampak sangat positif bagi antisipasi banjir. Terlebih, program itu tidak terlalu mahal, ketimbang membangun tanggul raksasa Giant Sea Wall. Tapi diakuinya, pembangunan Giant Sea Wall dapat disesuaikan dengan kondisi kota masing-masing.

“Saya percaya Jakarta bisa. Jakarta itu kota yang kuat, Indonesia negara yang bagus. Kita pun hanya bisa membantu dalam hal pertukaran informasi,” lanjutnya.

Seperti diketahui Pemprov DKI memperdalam kerjasamanya dengan Pemerintah Kota Rotterdam yang telah terjalin sejak tahun 1986, yakni dengan menandatangani minute of agreement Jakarta-Rotterdam di bidang tata air untuk periode tahun 2013 hingga 2015.

Baca Juga :  Kasad Moeldoko: Kita Sudah Evaluasi Internal Untuk Kaji Soal Pendidikan

Staf Pemprov DKI akan dikirim ke Rotterdam untuk mempelajari sistem pengendalian banjir di sana. (sumber: kompas.com)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button