Home / Sport / Waooo, NTT Dapat 192 Orang CPNSD!

Waooo, NTT Dapat 192 Orang CPNSD!

Bagikan Halaman ini

Share Button

Peserta tes CPNS Kementerian Kesehatan mengerjakan soal-soal ujian di Gelora, Senayan, Jakarta, Sabtu (23/10)
                                                                                                            foto: ilustrasi

moral-politik.com. Pemerintah NTT mendapat formasi penerimaan calon pegawai negeri sipil daerah (CPNSD) Tahun 2013 untuk tingkat provinsi sebanyak 192 orang, yang terdiri dari tenaga kesehatan sebanyak 115 orang dan tenaga teknis sebanyak 77 orang.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) NTT dalam pengumumannya terkait penerimaan formasi CPNSD 2013 tingkat Provinsi NTT, Selasa (10/9).

Ia menjelaskan, para pencari kerja yang hendak mengikuti test CPNSD 2013 harus mendaftarkan diri secara online di website http://sscn.bkn.go.id. Pendaftaran berlangsung selama dua pekan terhitung mulai 14- 28 September 2013. Sedangkan pembagian nomor urut peserta dilakukan pada 21- 23 Oktober 2013.

“Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait seleksi penerimaan CPNSD 2013, para pencari kerja bisa mengaksesnya di website htt://sccn.bkn.go.id,” kata Frans.

Ia menerangkan, tahun 2013 ini, pemerintah melakukan rekrutmen CPNS melalui lima jalur, yakni jalur pelamar umum, honorer kategori dua, formasi khusus untuk dokter, seleksi untuk tenaga ahli tertentu yang tidak ada di lingkungan PNS, dan seleksi calon siswa ikatan dinas. Untuk pelamar umum dan tenaga honorer kategori dua (TH2), dilakukan seleksi melalui tes kompetensi dasar (TKD) dan tes kompetensi bidang (TKB). Pelaksanaan tes untuk pelamar umum menggunakan sistem kombinasi, Lembar Jawaban Komputer (LJK) dan Computer Assisted Test (CAT). Pelaksanaan tes untuk pelamar umum tidak dipungut biaya apapun, mulai dari pendaftaran online, verifikasi berkas, pelaksanaan ujian hingga pengumuman kelulusan.

“Jangan percaya pada pihak manapun yang menawarkan dan menjanjikan dapat meluluskan dengan membayar sejumlah uang atau imbalan,” tandas Frans.

Setelah melakukan pendaftaran secara online, calon pelamar untuk instansi pemerintah daerah, kota atau kabupaten, tanda bukti pendaftaran dan dokumen lamaran lengkap dikirim ke panitia penerimaan CPNS pada Badan Kepegaaian Daerah (BKD) instansi pemerintah daerah yang dilamar. Sedangkan bagi mereka yang hendak mengikuti formasi pelamar kantor wilayah, tanda bukti pendaftaran dan dokumen lamaran lengkap dikirim ke panitia penerimaan CPNS pada bagian kepegawaian kantor wilayah instansi yang dilamar.

Baca Juga :  Rencana Pendataan Pekerja Anak Tahun 2014

Sesuai dengan keterangan yang disampaikan pemerintah pusat, materi ujian untuk tes kompetensi dasar (TKD) meliputi tes wawasan kebangsaan, tes inteligensia umu, dan tes karakteristik pribadi. Sedangkan untuk tes kompetensi bidang (TKB), bagi peserta yang memenuhi passing grade dan dinyatakan lulus TKD selanjutnya berhak mengikuti TKB. Namun ada beberapa instansi dan jurusan tertentu yang tidak memerlukan tes TKB. Artinya setelah lulus TKD maka yang bersangkutan diyatakan lulus ujian CPNS. (Nyongky Maulete)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button