Home / Sport / Ende: Kapal Barang Karam, Nyaris Tenggelam!

Ende: Kapal Barang Karam, Nyaris Tenggelam!

Bagikan Halaman ini

Share Button

IMG-20130930-00160

 

 

 
moral-politik.com, Ende – Sebuah kapal barang asal Surabaya, Jawa Timur (Jatim)  yang sedang mengangkut material bangunan seperti semen, besi beton dan seng sejak 25 September 2013 lalu, karam di Pelabuhan Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) .

Kepala Syahbandar dan Otorita pelabuhan setempat, Abia Alex Foeh yang dikonfirmasi, Selasa (1/10) mengatakan, kapal dengan nama Canci Ladjoni itu mengangkut 68.000 sak Semen Tonasa milik beberapa pemilik  toko bahan  bangunan di Kota Ende.

“Kapal itu karam setelah dihempas gelombang dan angin kencang saat sedang lego jangkar di pelabuhan,” katanya.

Dia menjelaskan, oleh nakhoda, kapal naas itu segera digeser dari area kolam labuh sehingga tidak mengganggu aktivitas pelabuhan.

Menurutnya, keputusan untuk menggeser kapal tersebut ke luar dari kolam labuh karena pihaknya tidak ingin kasus seperti  tenggelamnya Kapal Motor Nusa Damai tahun 2004 lalu terulang kembali.

“Kami trauma dengan kasus KM Nusa Damai yang mengakibatkan Pelabuhan Ippi, Ende  tidak bisa berfungsi sejak tahun 2004, karena bangkai kapal belum dievakuasi dari kolam labuh,” ujarnya.

Pantauan moral-politik.com, kapal naas itu berada cukup jauh dari area pelabuhan yaitu sekitar 2000 meter di arah barat  dan dalam posisi nyaris  tenggelam. Kapal itu juga menjadi tontonan warga yang kebetulan melewati lokasi itu.

Selain itu, puluhan pekerja menggunakan perahu dan rakit berupaya  mengangkut material bangunan dari dalam kapal. ***(AVI)

Baca Juga :  Terlibat Korupsi, Sekcam Rote Selatan Ditahan

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button