Home / Populer / Indonesia dukung Myanmar jadi negara demokratis

Indonesia dukung Myanmar jadi negara demokratis

Bagikan Halaman ini

Share Button

1

 

 

 

Moral-politik.com, Jakarta : Banyak yang mempertanyakan keputusan negara-negara anggota ASEAN mengenai kepemimpinan Myanmar atas ASEAN di tahun 2014 ini. Hal tersebut terjadi karena Myanmar adalah negara yang selalu dipimpin oleh resim militernya, sehingga dianggap dunia internasional sebagai negara otoriter dan tidak demokratis.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Marty Natalegawa berpendapat justru dengan memberikan kesempatan kepada Myanmar untuk memimpin ASEAN, ASEAN telah membantu Myanmar guna semakin memperkuat momentum perubahan, menuju ke negara Myanmar yang demokratis.

“Kami yakin dengan itu (memberikan kesempatan kepada Myanmar untuk memimpin ASEAN) justru semakin memperkuat momentum perubahan demokratis di Myanmar,” ujar Marty pada pernyataan pers tahunannya di Kantor Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta Pusat, Selasa (7/1/14).

Selain itu Marty juga menjelaskan, jika pemilihan Myanmar sebagai ketua dilakukan oleh ASEAN pada tahun 2011. Pemilihan pun berlangsung dan dinilai secara terbuka.

“Bila dibandingkan dengan pemilihan ketua (ASEAN) terdahulu, pemilihan dan penetapan Myanmar sebagai ketua melalui proses dan dengan penilaian terbuka,” ungkap Marty,

Sementara itu Marty menambahkan bahwa kepemimpinan Myanmar atas ASEAN di tahun 2014 ini tidak akan menghambat program ASEAN guna mewujudkan ASEAN Economic Comunity atau Masyarakat Ekonomi ASEAN yang akan mulai diberlakukan pada Desember 2015 mendatang. (Ganang)

Baca Juga :  Zulkifli Menanggapi Isu PAN dapat Jatah Menteri

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button