Home / Sejarah / 6 Maret 2014, Ghana berusia 58 tahun

6 Maret 2014, Ghana berusia 58 tahun

Bagikan Halaman ini

Share Button

22

 

 

 

Moral-politik.com : Ghana adalah sebuah negara yang memerdekakan diri pada 6 Maret 1957. Dia merdeka dari cengkeraman negara Inggris Raya.

Gerakan masyarakat Ghana ini kemudian diikuti oleh 17 negara Afrika lainnya. Terbukti dari 17 negara di Afrika menyatakan kemerdekaannya.

Sebagai bentuk perayaan kemerdekaannya, ribuan pekerja di Ghana diliburkan. Mereka berkumpul di Ibu Kota Accra untuk menyambut Perdana Menteri pertamanya, Kwame Nkrumah. Dalam pidato pembuka, Nkrumah menyatakan mengerti risiko dari independensi.

Tapi di saat bersamaan, Nkrumah juga paham keuntungan dari kebebasan. Maka itu ia akan menggunakan keuntungan tersebut demi kemaslahatan negaranya.

Seperti layaknya negara merdeka, lansir nationalgeographic.co.id, Ghana memiliki semua atribut kenegaraan. Dimulai dari bendera yang berwarna merah, emas, dan hijau, dengan bintang hitam di bagian tengah. Salah satu lambang negara ini dirancang Theodosia Salome Okoh pada tahun yang sama dengan kemerdekaan Ghana.

Merah dipilih sebagai pengingat para pejuang yang gugur demi kemerdekaan Ghana. Emas digunakan sebagai perlambang salah satu sumber daya ternama mereka. Sedangkan hijau mewakili warna alam tropis setempat. Terakhir, bintang jadi simbol emansipasi dan persatuan melawan kolonialisme –di mana Inggris Raya berkuasa sejak 1896.

Lepasnya Ghana disaksikan oleh The Duchess of Kent dari sebagai perwakilan kerajaan Inggris dan PM Inggris Harold Macmillan. “Kami akan memberikan mereka semua bantuan yang dibutuhkan,” janji sang PM saat itu.

Berarti pada 6 Maret nanti, Ghana telah merdeka selama 58 tahun. Sebuah usia yang menunjukkan kedewasaannya dalam banyak hal. (erny)

 

Baca Juga :  Kisah Bedah Buku Fary Djemi Francis, "DUC IN ALTUM" di Kota Kupang...

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button