Home / Populer / Agung Laksono: JKN / SBY Care lebih besar dari Obama Care

Agung Laksono: JKN / SBY Care lebih besar dari Obama Care

Bagikan Halaman ini

Share Button

4

 

 

Moral-politik.com : Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan sudah resmi dimulai pada 1 Januari 2014 kemarin. Program yang dikeluarkan oleh pemerintahan SBY ini direncanakan akan menjamin biaya pengobatan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Program ini pun mendapat banyak perhatian dari banyak pihak, tidak terkecuali Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono. Bahkan Agung mengklaim kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintahan SBY ini lebih besar bila dibandingkan dengan kebijakan Obama Care yang dikeluarkan oleh pemerintahan Obama di Amerika Serikat.

“Jaminan Kesehatan Nasional ini akan melayani 250 juta penduduk, lebih besar dari Obama Care. Kita SBY Care lebih besar,” ucap Agung pada acara penyerahan kartu peserta JKN kepada PKL di Pasar Johar, Jakarta, Kamis (2/1/14).

Ia pun menjelaskan JKN yang disebut oleh Agung sebagai “SBY Care” ini lebih besar dari “Obama Care” karena akan menjamin kesehatan seluruh rakyat Indonesia yang kurang lebih sekarang berjumlah 250juta jiwa.

Seperti yang telah diketahui Patient Protection and Affordable Care Act atau biasa yang disebut Obama Care adalah Undang-Undang yang mereformasi layanan kesehatan di Amerika Serikat.

Undang-undang yang menginspirasi pemerintah Indonesia untuk membuat JKN ini secara garis besar mengharuskan setiap warga negara Amerika Serikat untuk memiliki asuransi kesehatan, dan bagi mereka yang tidak memiliki asuransi kesehatan swasta maka negara menyediakan asuransi pemerintah.

Selain itu Obama Care juga  mengatur perluasan cakupan asuransi kesehatan hingga orang-orang yang belum mengikuti asuransi terasuransikan, membatasi kenaikan premi, dan mengizinkan masyarakat memperoleh kembali jaminan mereka saat keluar atau ganti pekerjaan, serta mengharuskan pihak asuransi untuk menerima orang sakit ataupun mereka yang kondisinya tidak jelas. (Ganang)

Baca Juga :  Pernikahan Sejenis Menurut Pendapat Mensos Khofifah

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button