Home / Populer / Ahok tetap bersinar, masuk 3 besar Cawapres

Ahok tetap bersinar, masuk 3 besar Cawapres

Bagikan Halaman ini

Share Button

30

 

 

Moral-politik.com : Kendati berada dalam kepopuleran Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi), tapi sinar Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama (Ahok) tak pudar.

Bahkan Ahok sangat diperhitungkan untuk masuh dalam nominasi Calon Wakil Presiden, karena ternyata elektabilitas dan popularitasdnya di atas Jusuf Kalal dan Mahfud MD.

Sebagaimana hasil survei yang dilakukan oleh Pusat Data Bersatu, Ahok mampu mengalahkan sejumlah nama kandidat cawapres lain, seperti Jusuf Kalla dan Mahfud MD.

Berdasarkan survei PDB, tingkat elektabilitas Ahok sebagai kandidat cawapres adalah sebesar 6,4 persen. Sedangkan Jusuf Kalla hanya mampu memperoleh 5,3 persen dan Mahfud MD sebesar 3,4 persen.

Lalu siapakah yang berada di posisi pertama dan kedua kandidat cawapres? Posisi pertama masih diduduki oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dengan tingkat elektabilitas 10,8 persen. Pria asal Solo itu tak hanya unggul sebagai kandidat capres, namun juga cawapres. Sementara di posisi kedua kandidat cawapres ditempati oleh Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan. Bos media Jawa Pos Grup itu menyabet 7 persen.

Melansir Kompas.com, Peneliti PDB Didik J Rachbini menilai, munculnya nama Ahok merupakan sebuah fenomena yang baru. Tingginya elektabilitas Ahok tidak lepas dari maraknya pemberitaan di media massa baik cetak maupun elektronik.

“Nama Ahok belakangan semakin populer karena gayanya yang ceplas-ceplos dan keras itu, sehingga marak menjadi konsumsi pemberitaan,” katanya di Jakarta, Jumat (17/1/2014).

Survei tersebut dilakukan dengan metode wawancara telepon pada 4-8 Januari 2013. Survei dilakukan terhadap 1.200 responden di 11 kota, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Palembang, Denpasar, Balikpapan, Makassar, dan Jayapura. Margin of error dalam survei tersebut ± 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca Juga :  J. Kristiadi: Peradilan Indonesia Sudah Hancur-hancuran

Ada di posisi manakah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri? Tidak diurai secara jelas di kesempatan ini, mungkin di lain waktu. (erny)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button