Home / Populer / Akhirnya Pertamina turunkan kenaikan harga LPG non subsidi 12 kg

Akhirnya Pertamina turunkan kenaikan harga LPG non subsidi 12 kg

Bagikan Halaman ini

Share Button

9

 

 

Moral-politik.com, Jakarta : Menindaklanjuti hasil Rapat Konsultasi Pemerintah, Pertamina dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada Senin (6/1/14) siang ini di kantor BPK, maka Pertamina secara resmi merevisi kenaikan harga LPG non subsidi yang sebelumnya naik Rp 3.500 menjadi Rp 1.000 per kilogramnya.

Keputusan tersebut diambil oleh Pertamina setelah mereka melakukan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dari siang hari hingga sore hari.

“Keputusan ini kami ambil berdasarkan RUPS dan hasil RUPS pun sudah ditanda tangani oleh Pak Dahlan Iskan” Ujar Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Karen Agustiawan pada Konfrensi Pers yang diselenggarakan di Kantor Pertamina Pusat, Jl. Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Senin (6/1/14).

Karen juga mengatakan bahwa kenaikan harga akan berlaku mulai Selasa (7/1/14) pukul 00.00 wib. Harga LPG 12 Kg ditingkat agen akan menjadi berkisar antara Rp 89.000,- hingga Rp 120.100. Harga tersebut tergantung dari lokasi karena adanya penambahan biaya pengangkutan.

Pertamina pun mengalami kerugian atas keputusan ini. Karen memperkirakan untuk tahun 2014 ini Pertamina akan mengalami kerugian sebesar USD 0,51 milyar atau sekitar Rp 5,4 triliun dengan asumsi kurs Rp 10.500,- per USD.

Selanjutnya, sesuai dengan Pasal 25 Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 26 Tahun 2009, maka Pertamina akan melaporkan keputusan penyesuaian harga LPG 12 kg ini kepada Menteri ESDM.

“Sesuai peraturan yang ada maka kami akan melaporkan hasil ini (RUPS) kepada pihak-pihak terkait,” ujar Karen. (Ganang)

Baca Juga :  Alfian Tanjung ungkap alasan sebut Kader PDIP adalah PKI

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button