Home / Sejarah / Amarasi : Sejarah dan dapurnya Kota Kupang (1)

Amarasi : Sejarah dan dapurnya Kota Kupang (1)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Raja Amarasi & Panglima serta Pasukan Perangnya(1)

Moral-politik.com : Kecamatan Amarasi Barat yang merupakan wilayah dari Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), dengan luas wilayah 246,85 km² yang terdiri dari 1 kelurahan dan 7 desa, yaitu Kelurahan Teunbaun, Desa Soba, Desa Niukbaun, Desa Nekbaun, Desa Merbaun, Desa Erbaun, Desa Toobaun dan Desa Tunbaun.

Ibukota Kecamatan Amarasi adalah Baun, dengan batas wilayah :
– Sebelah Utara : Kecamatan Kupang Tengah
– Sebelah Selatan : Laut Timor
– Sebelah Barat : Kecamatan Nekamese
– Sebelah Timur : Kecamatan Amarasi Selatan

Karakteristik wilayah Kecamatan Amarasi Barat bertopografi berbukit-bukit bahkan pegunungan, hanya sebagian kecil yang datar dan sebagian besar adalah lahan kering dengan luas mencapai 14.283 ha, pekarangan 231 ha, tegalan 2.152 ha, ladang/huma 1.205 ha dan lain-lain 10.695 ha dengan lahan basah hanya 30 ha dan tadah hujan 15 ha.

Pusat Pemerintahannya di Baun, terletak 25 km arah selatan Kota Kupang, dapat ditempuh dengan kendaraan selama 30 menit.

2
Produk unggulannya adalah Ternak Sapi, Pisang dan Kelapa. Sejak lama Amarasi sudah terkenal dengan Paronisasi/Penggemukan sapi, ini semua berkat jasa Raja H.A. Koroh, yang memberikan motivasi dan bimbingan kepada masyarakat Amarasi untuk menjadikan usaha ternak sapi menjadi mata pencaharian, yang bisa diandalkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Melansir amarasi-barat.blogspot.com, didukung oleh ketersediaan lahan dan pakan ternak yang melimpah, jadilah Amarasi sebagai salah satu lumbung ternak di Kawasan Timur Indonesia.

Selain ternak sapi, komoditi pisang dan kelapa juga menjadi sumber mata pencaharian masyarakat Amarasi.

Bahkan Amarasi disebut sebagai Dapur-nya Kota Kupang, karena lebih dari setengah hasil pertanian yang ada di pasar-pasar Kota Kupang berasal dari Amarasi. (Ale)

bersambung

Pencarian Terkait:

  • luas wilayah desa merbaun kecamatan amarasi barat
Baca Juga :  Mengintip Hebatnya Nike Sebagai Komunikator di Media Sosial

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button