Home / Sejarah / Amarasi : Sejarah dan dapurnya Kota Kupang (3)

Amarasi : Sejarah dan dapurnya Kota Kupang (3)

Bagikan Halaman ini

Share Button

13

                         Fetor Amarasi, kompeni, dan seorang pastor dalam suatu acara bersama masyarakat Amarasi

Moral-politik.com :   Sistim ke-Fetoran di Amarasi. Amarasi dibagi dalam empat Kefetoran yang tugasnya membantu Raja di masing-masing wilayah kekuasaannya yaitu Baun, Merbaun Soba dan Oekebiti.

Masing-masing Fetor/Raja Bagian/Orang Ke-2 Raja/Wakil Raja dipilih dari kelompok Marga yang dianggap paling kuat yaitu : Kefetoran Merbaun dari keluarga Amtiran, Kefetoran Soba berasal dari marga Kapitan-Bano, Kefetoran Buraen dari marga Passu-Tinenti , dan Kefetoran Oekebiti dipimpin oleh keluarga  dari marga Abineno.

Dari ke-4 Fetor ini, populasi yang terbesar adalah marga Amtiran yang berkuasa di wilayah Merbaun/Tofa. Sampai dengan saat ini  90% penduduk merbaun bermarga Amtiran dan rumpun keluarga terkait ( Naisanu, Bureni,dll)
Kefetoran oleh Belanda ditempatkan dibawah pemerintahan Swapraja.

Pemerintahan Swapraja pemimpinnya adalah seorang Raja (Regent) yang biasanya diambil dari penguasa tradisional. Misalnya untuk Swapraja Amarasi Rajanya berasal adari marga Koroh, Swapraja Kupang Rajanya berasal dari marga Nisnoni.

Sedangkan Fetor (orang kedua dalam bahasa Timor) artinya adalah orang kedua. Dibawah Kefetoran terdapat desa-desa yang dipimpin oleh seorang Temukung. Temukung terdiri dari dusun-dusun yang dipimpin oleh Barnemen (Kepala Kampung).

Kepala kampung mempunyai bawahan yang disebut dengan Makapa (kaki ringan), yang bertugas untuk menyebarkan perintah dan memberikan berita dari penguasa kepada seluruh warga, kerjanya hampir mirip dengan tukang pos.

Karena itu untuk tugas ini biasanya dipilih dari seorang warga dengan postur tubuh yang tinggi, pandai bicara dan lari yang cepat, karena terkadang untuk memudahkan penyebaran informasi Makafa akan naik gunung dan menggemakan suaranya dengan alat  dari bambu sehingga terdengar suaranya diseluruh penjuru. (bersambung)

Pencarian Terkait:

  • asal usul abineno amarasi
  • mArga bano berasal dari mana
  • marga baun berasal dari negara
  • sejarah marga Amtiran baun kupang
Baca Juga :  Djoko Santoso, sosok yang tenggelam dalam kekuasaan (1)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button