Home / Populer / Anas bersaksi di sidang Tipikor soal Hambalang

Anas bersaksi di sidang Tipikor soal Hambalang

Bagikan Halaman ini

Share Button

7

 

 

Moral-politik.com : Semenjak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum di Rutan, Anas memiliki banyak kesempatan untuk memuntahkan semua yang pernah diketahui dan dilakasanakannya.

Direncanakan pada hari ini, Selasa (21/1/2014), Anas dijadwalkan bersaksi dalam sidang kasus dugaan korupsi proyek Hambalang yang akan digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi. Anas akan bersaksi untuk terdakwa mantan Kepala Biro Keuangan dan Rumah Tangga Kementerian Pemuda dan Olahraga, Deddy Kusdinar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Selasa (21/1/2014).

Kuasa hukum Deddy, Rudy Alfonso, mengatakan, Anas dijadwalkan bersaksi pukul 13.00 WIB.

“Iya, Anas pukul 13.00,” kata Rudy saat dihubungi Kompas.com, Senin (20/1/2014).

Namun, ia belum dapat memastikan apakah Anas akan menghadiri sidang dan siap bersaksi. Saat dihubungi, tim penasehat hukum Anas belum ada yang merespons.

Status Anas sendiri adalah tersangka dugaan penerimaan hadiah atau gratifikasi terkait proyek Hambalang itu. Ia kini mendekam di Rumah Tahanan KPK. Dalam dakwaan Deddy, Anas disebut mendapat Rp 2,21 miliar dari PT Adhi Karya terkait proyek Hambalang. Uang tersebut untuk memuluskan PT Adhi Karya dalam memenangkan lelang pekerjaan fisik Hambalang. Uang itu digunakan untuk pencalonan diri Anas sebagai calon ketua umum dalam Kongres Partai Demokrat di Bandung pada 2010.

Menurut jaksa, uang itu digunakan antara lain untuk membayar hotel, sewa mobil para pendukung Anas, membeli handphoneBlackBerry, jamuan para tamu, dan untuk hiburan. Dalam dakwaan Deddy, uang diserahkan secara bertahap oleh Teuku Bagus melalui Munadi Herlambang, Indrajaja Manopol (Direktur Operasi PT Adhi Karya), dan Ketut Darmawan (Direktur Operasi PT Pembangunan Perumahan) atas permintaan Muchayat.

Anas juga disebut pernah meminta perusahaan mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin mundur dari proyek Hambalang. (erny)

Baca Juga :  'Progress' Pariwisata Labuan Bajo Lelet, Ini Wanti-wanti Menteri Pariwisata !!

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button