Home / Sains / Australia jadi Negara ‘Bangkai”, 100.000 Kelelawar mati

Australia jadi Negara ‘Bangkai”, 100.000 Kelelawar mati

Bagikan Halaman ini

Share Button

10

 

 

Moral-politik.com : Atmosfer panas dan dingin selalu dibutuhkan manusia dan jenis-jenis kehidupan lainnya di muka bumi ini.

Akan tetapi jika terlalu panas dan terlalu dinggin bisa mengakibatkan bencana maha dahsyat yang memakan semua makhluk hidup.

Seperti sedang terjadi di Australia, sedikitnya sekitar 100.000 ekor kelelawar jatuh dari angkasa dan mati akibat gelombang udara panas yang melanda Australia beberapa hari belakangan ini.

Negara Australia pun kini berubah jadi Negara Bangkai Kelelawar dengan resiko-resiko penyebaran virus yang bisa saja membahayak warga Australia.

“Sangat mengerikan, cara yang mengerikan untuk mati,” kata seorang pekerja konservasi, Lousie Saunders, seperti dikutip harian The Courier Mail, lansir Kompas.com.

“Suhu udara di atas 43 derajat celsius, dan mereka jatuh begitu saja. Kami kini memunguti bangkai kelelawar ini dan yang belum mati kami lakukan eutanasia,” tambah Louise.

Para pakar kesehatan telah memperingatkan warga agar tidak memegang kelelawar yang jatuh itu karena khawatir akan penularan virus atau terkena gigitan jika hewan itu masih hidup.

Setidaknya 16 orang menerima terapi antivirus setelah mereka melakukan kontak langsung dengan hewan-hewan itu.

“Jika Anda melihat seekor kelelawar yang tergeletak di tanah, jangan menyentuhnya agar tidak terkena risiko infeksi virus kelelawar Australia,” kata pejabat kesehatan negara bagian Queensland, Dr Jeanette Young.

“Beberapa kelelawar memang terlihat sudah mati, padahal mereka masih hidup. Ketika seseorang berusaha memindahkan mereka, maka hewan itu akan menggigit atau mencakar. Kelelawar juga memiliki cakar di sayap mereka yang juga bisa menyebabkan luka,” tambah Dr Jeanette.

Bau dari bangkai kelelawar yang bertebaran itu sudah mulai mengganggu warga di Brisbane dan beberapa kota lainnya. Pemerintah sudah mengerahkan petugas kebersihan untuk memungut ribuan bangkai kelelawar dari kawasan permukiman.

Baca Juga :  Inilah tips cegah Ebola

Hmmmm, upah dosa apa yang sedang Australia terima??? (erny)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button